Karemuddin: Ibu Indah ini Hebat di Luar, Dalamnya Kosong

Karemuddin: Ibu Indah ini Hebat di Luar, Dalamnya Kosong
Anggota Legislatif dari Fraksi PAN, Karemuddin, menyoroti PAD Luwu Utara yang menurun.

KabarMakassar.com -- Anggota Legislatif dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Karemuddin menyoroti PAD (Pendapatan Asli Daerah) Luwu Utara (Lutra) yang menurun. Ia mengungkapkan beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutra tidak capai target.

"Ibu Indah Ini hebat di luar, tapi di dalamnya kosong," kata Karemuddin saat ditemui di ruangannya, Rabu (21/8).

"SKPD mana sih yang berprestasi di Luwu Utara, ada nda?" ujarnya.

Ketua Komisi III DPRD Lutra tersebut, menyoroti prestasi SKPD Pemkab Lutra. Bahkan menurutnya, pendidikan Luwu Utara salah satu terendah di Sulawesi Selatan.

"PAD itu bocor, dimana bocor?  perhubungan bocor, di pertambangan bocor, di pariwisata boleh jadi bocor. indikasinya tidak capai target. Padahal hitung-hitungannya, uji petiknya over target bisa," katanya.

Pemkab Lutra dianggap tidak maksimal dalam mengelola potensi-potensi PAD yang ada. Menurutnya Pemkab Lutra masih konvensional dalam mengelola PAD, padahal banyak potensi PAD. Ia menyoroti salah satu dinas, yakni Dinas Pariwisata yang kinerjanya dianggap tidak maksimal.

"Ngapain kita bikin dinas pariwisata kalau pendapatannya puluhan juta setahun, terus pengelolaannya miliaran. Kasih jadi bidang saja itu," tegasnya.

Menurutnya, dana operasional yang digelontorkan untuk SKPD harus berbanding lurus dengan capaian PAD. "Mana ikon pariwisata di Luwu Utara, padahal ada dinasnya. Ikonnya mana coba tunjukkan. Ngapain habis puluhan miliar tiap tahun," ucapnya.

Penulis : Indah Sari

Editor : Prisatno