Kasus Korupsi Dinkes Kesehatan Parepare Akhirnya Terungkap

Kasus Korupsi Dinkes Kesehatan Parepare Akhirnya Terungkap
AKBP Pria Budi Kapolres Parepare, saat jumpa pers kasus raibnya dana Dinas Kesehatan (Dinkes) Tahun 2017 – 2018.

KabarMakassar.com -- "Kami pihak Kepolisian sudah menetapkan dua tersangka, yaitu inisial (MY) mantan Kadis Kesehatan dan inisial (SR) mantan bendahara Dinas Kesehatan" ucap Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi Kapolres Parepare saat merilis Kasus raibnya dana Dinas Kesehatan (Dinkes) Tahun 2017 – 2018 Kota Parepare pada, Rabu (21/8)

Kedua tersangka di jerat pasal 2 ayat 1, Subsider pasal 3 UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Kedua tersangka ini, telah melakukan penyelewangan dana untuk kepentingan sendiri, ancaman hukuman seumur hidup, paling singkat 4 tahun paling lama 20 tahun, denda Rp 200 Juta.

"Beberapa saksi telah kami periksan dan tak menutup kemungkinan, kami akan lakukan lagi pemeriksaan saksi lainnya terkait kasus ini"tambahnya 

"Sebanyak 78 saksi telah di lakukan pemeriksaan, selanjutnya beberapa saksi akan di periksa kembali, untuk melengkapi berkas sebelum dikirim tahap 1 ke Kejaksaan,”Jelas AKBP Pria Budi.

Di ketahui, dari perhitungan BPKP, kerugian negara dari kasus ini kurang lebih Rp 6,4 miliar dari pengelolaan anggara belanja Dinas Kesehatan Kota Parepare, tahun 2017 sampai tahun 2018.

Dalam seminggu ke depan, berkas kasus tersebut, akan rampung dan segera di kirim ke Kejaksaan. Dalam penanganan kasus inipun, Polres Parepare telah melibatkan 3 saksi Ahli, di antaranya dari BPKP, Dirjen, dan Kementrian Kesehatan.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Prisatno