Job Fair 2019 Kembali Digelar di Makassar, Sebanyak 2.500 Lowongan Kerja Dibuka

Job Fair 2019 Kembali Digelar di Makassar, Sebanyak 2.500 Lowongan Kerja Dibuka
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan.

KabarMakassar.com -- Kegiatan Job Fair 2019 kembali digelar oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar sebagai upaya dalam menekan angka pengangguran di kota ini.

Dari data BPS angka pengangguran di Kota Makassar sendiri, berada pada kisaran angka 12,19 persen dengan tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 8,44 persen.

Untuk itu melalui kegiatan Job Fair 2019, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengatakan lewat kegiatan ini di harapkan bisa menyerap sekitar 2.500 hingga 3.000 pencari kerja di Makassar.

"Kita berharap 2.500 sampai 3.000 lowongan atau kesempatan kerja terbuka pada hari ini," kata Irwan saat ditemui di Four Point By Sheraton Hotel, tempat kegiatan ini berlangsung, Rabu (21/8).

Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, yakni hari ini dan besok, Kamis (22/8), dengan melibatkan 90 Perusahaan baik perusahaan Lokal maupun Nasional, yang bergerak pada bidang manufaktur, otomotif, industri perbankan, konstruksi, perhotelan, kesehatan, dan UMK.

"Ini berlangsung selama 2 hari dan dalam kegiatan ini ada juga kegiatan persiapan pemberian motivasi kepada para job seeker, oleh profesional dan tentunya coaching clinic strategi bagaimana bisa menarik perhatian perusahaan sehingga dapat diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut," ungkapnya.

Irwan mengimbau agar para pencari kerja ini sudah betul-betul siap dalam hal administrasi, seperti kurikulum vitae untuk nantinya di sebarkan ke perusahaan-perusahaan ini.

Selain itu ia juga berharap agar para pencari kerja ini tidak memilih-milih perusahaan akan tetapi terlebih mengecek perusahaan mana yang lebih kompeten untuk di masuki.

"Setiap perusahaan mempunyai standar tersendiri, kualifikasi tersendiri yang selanjutnya untuk peningkatan skill ini kita punya lagi tugas lain yg tersertifikasi. Itulah tugasnya Skill Development Center (SDC) bagaimana memberikan peningkatan kemampuan sumber daya manusianya yang tersertifikasi," pungkasnya.

Ashadul, salah satu pencari kerja yang ditemui di lokasi Job Fair 2019 mengaku lewat kegiatan ini dirinya sangat terbantu.

"Saya liat dari media sosial. Ini sangat membantu karena dftarnya juga kan online," ucap Ashadul.

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Prisatno