Hadiri Training of Trainer, Iqbal: Pramuka Sukarela dan Non Politik

Hadiri Training of Trainer, Iqbal: Pramuka Sukarela dan Non Politik
Kegiatan Training of Trainer, resmi dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) sekaligus Pj Wali Kota Makassar, M Iqbal S Suhaeb. 

KabarMakassar.com -- Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka  Kota Makassar menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) di Hotel Max One, Rabu (21/8).

Kegiatan yang akan digelar selama tiga hari ke depan mulai tanggal 21-23 Agustus 2019, resmi dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) sekaligus Pj Wali Kota Makassar, M Iqbal S Suhaeb. 

Iqbal mengawali sambutannya dengan membakar semangat puluhan peserta dengan mengucapkan salam Pramuka.

Menurutnya, gerakan Pramuka adalah suatu gerakan pendidikan untuk kaum muda, yang bersifat sukarela, non politik, terbuka untuk semua tanpa membeda-bedakan asal-usul, ras, suku dan agama. 

Kepramukaan pada hakekatnya adalah suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, di bawah tanggung jawab anggota dewasa yang dilaksanakan di luar pendidikan sekolah dan keluarga, dengan tujuan prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu. 

Kata Iqbal, di era milenial ini, ada beberapa hal yang sangat membutuhkan perhatian sebagai seorang pembina Pramuka. Di antaranya krisis dalam nilai-nilai, akhlak mental dan moral di masyarakat yang semakin berkurang.

“Saya sebagai ketua Mabicab sangat berharap peserta ToT ini untuk dapat lebih meningkatkan perhatiannya kepada peserta didik di Gudep masing-masing. Terkhusus pada pembinaan karakter anak-anak kita para anggota Pramuka," ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Iqbal tak lupa kembali mengingatkan kepada para peserta untuk selalu bertumpu pada empat sendi atau sering disebut dengan Soko Guru. 

"Yaitu belajar untuk mengetahui, belajar berbuat, belajar hidup bersama dan belajar menjadi seseorang," pungkas Iqbal.

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Prisatno