Videonya Diambil Tanpa Ijin, Kreator Konten Di Toraja Melapor ke Polisi

Videonya Diambil Tanpa Ijin, Kreator Konten Di Toraja Melapor ke Polisi
Kreator konten asal Toraja melaaporkan pemilik akun Toraja Production ke SatReskrim Polres Toara karena diduga melakukan kloning video, Selasa (20/8).

KabarMakassar.com -- Kreator konten asal Tana Toraja, Krisma melaporkan pemilik akun facebook "Toraja Production" atas nama AL karena diduga melakukan pelanggaran hak cipta ke Polres Tana Toraja.

Ima sapaan akrab pemilik channel youtube "Bedu Ima" ini mengaku keberatan karena pemilik akun Toraja Production telah mengambil 3 video miliknya di akun youtubenya, lalu kemudian menguploadnya di akun facebook AL.

"Keterangan saya telah diambil Sat Reskrim Polres Tana Toraja oleh Briptu Rafael," kata Ima saat di wawancara, Selasa (20/8).

Ima menjelaskan, adapun kronologi kejadian yakni mulai pada tanggal 3 Agustus 2019, dimana AL pertama kali mengambil video yang sebelumnya telah di upload ke channel YouTube Bedu Ima pada tanggal 13 Juli 2019, dengan judul "7 Ciri Khas Toraja yang Wajib Kamu Tahu".

Sementara video yang kedua, diambil pada tanggal 08 Agustus 2019 yang berjudul "Ngeri!! Bawa Api Sambil Berlari di Atas Atap Tongkonan.

"Dan video yang ketiga, diambil pada tanggal 18 Agustus 2019 yang berjudul "Amazing! Ternyata Presiden Jokowi Punya Lumbung Padi di Toraja," jelas Ima.

Dengan kejadian tersebut, ia merasa sangat dirugikan dan juga keberatan atas kejadian yang dilakukan oleh Toraja Production, karena di anggap tidak memiliki penghargaan terhadap karya milik orang lain.

"Melalui kejadian ini, saya berharap teman-teman creator semakin semangat membuat karya untuk Toraja kita tercinta tanpa mengambil karya orang lain," ungkapnya.

Sementara dari pihak kepolisian sendiri, mengatakan ini adalah salah satu pelanggaran seperti yang telah di jelaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.

"Kejadian ini merupakan pembajakan hak cipta yang harus ditindaki agar pengguna akun media sosial lebih mentaati aturan hukum ITE yang berlaku," kata Kasat Reskrim Polres Tana Toraja, AKP Jon Paerunan.

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Fritz Wongkar