Ramaikan HUT Kemerdekaan RI ke-74 BPJS Kesehatan Kampanye Pembayaran Iuran

Ramaikan HUT Kemerdekaan RI ke-74 BPJS Kesehatan Kampanye Pembayaran Iuran
BPJS Kesehatan Kantor Cabang Makale berkesempatan membuka booth Mobile Customer Service (MCS) sekaligus menyampaikan informasi terkait Program JKN-KIS.

KabarMakassar.com -- Dalam meramaikan peringatan HUT Republik Indonesia ke-74, HUT Kabupaten Tana Toraja ke- 62 dan hari Jadi Toraja ke-772 tahun 2019, Pemerintah Kecamatan Makale bekerjasama dengan BPJS Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Gerak Jalan Bersama masyarakat dirangkaikan dengan Senam Sehat di Plaza Kolam Makale, Senin (12/8).

Pada Kegiatan tersebut BPJS Kesehatan Kantor Cabang Makale berkesempatan membuka booth Mobile Customer Service (MCS) sekaligus menyampaikan informasi terkait Program JKN-KIS, membagikan buku panduan layanan dan leaflet terkait Aplikasi Mobile JKN. Masyarakat juga diedukasi terkait ketentuan pelayanan Program JKN-KIS, dan diberikan kesempatan untuk memberikan masukan, saran, maupun testimoni bagi masyarakat yang telah merasakan manfaat Program JKN-KIS.  

Hal tersebut disambut baik oleh masyarakat yang hadir. Selain memperoleh kebugaran jasmani melalui senam bersama, masyarakat juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai program yang diusung oleh Pemerintah ini. Justinus salah seorang peserta mandiri (segmen peserta bukan penerima upah) mengungkapkan apresiasinya kepada Program JKN-KIS sebab ia tidak pernah mengalami kendala saat membayar iuran.

“Saya bersyukur belum pernah menemui kendala yang berarti saat membayar iuran,” ucap Justinus.

Menurut pengakuannya, selama ini Justinus membayar iuran BPJS Kesehatannya melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Setiap bulan sebelum tanggal 10 saya membayar iuran BPJS Kesehatan saya beserta keluarga, saya sering takut apabila membayar lewat dari tanggal tersebut kartu saya terblokir,” tambahnya.

Halimah Jahid salah satu petugas MCS  saat dijumpai tim Jamkesnews menjelaskan bahwa peserta PBPU atau Mandiri diwajibkan membayar iuran secara rutin sebelum tanggal 10 setiap bulannya untuk menghindari penonaktifan kartu serta denda pelayanan apabila sang peserta mengalami sakit dan dirawat dirumah sakit.

“Bayar ki iuran BPJS Kesehatan ta tepat waktu supaya aktif terus kartu ta, sehingga apabila mengalami sakit bisa digunakan berobat,” jelas Halimah kepada Justinus.

Selain edukasi Program JKN-KIS dan Kampanye membayar iuran masyarakat juga diajak untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN. Berbagai informasi terkait KIS memang bisa didapatkan melalui Mobile JKN secara praktis.

"Demi menyempurnakan pelayanannya pada aplikasi Mobile JKN juga hadir menu pembayaran autodebet jadi peserta yang belum punya rekening sekalipun bisa melakukan autodebit yakni melalui mobile cash," jelas Duta BPJS Kesehatan Cabang Makale, Lisda Tampubolon.

Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai Program JKN-KIS berikut dengan inovasi dan pengembangan fitur terbaru dari Aplikasi Mobile JKN.

Penulis : Redaksi

Editor : Prisatno