Jelang Paripurna Hak Angket, Puluhan Warga Gelar Unjuk Rasa

Jelang Paripurna Hak Angket, Puluhan Warga Gelar Unjuk Rasa
Puluhan Warga melakukan aksi unjukrasa didepan gedung DPRD Povinsi Sulawesi Selatan, Jumat (16/8).

KabarMakassar.com -- Jelang sidang paripurna hak angket DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, puluhan masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Gerakan  Rakyat Sulsel lakukan unjuk rasa di depan gedung DPRD provinsi Sulawesi Selatan.

Unjuk rasa ini menuntut agar anggota pansus DPRD provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan tugasnya dengan tuntas dan baik.

"Kami menuntut agar pansus hak angket melaksanakan tugasnya dengan baik," ucap Herdiawan dalam orasinya.

Setidaknya ada lima poin penting yang dituntut Koalisi Gerakan Rakyat Sulsel ini yang dituliskan dalam petisi yaitu:

1. Meminta pimpinan PANSUS hak DPRD Sulsel merekomendasikan kepada APH terkait pejabat pokja, ULP dan PPTK Pemprov dalam mengungkap aktor KKN.

2. Menuntun agar PANSUS hak angket mengungkap kepada publik pejabat Pemprov yang menghendalikan Hajraah sebagai "Raja Proyek", serta Ibu Lies Nurdin Abdullah serta mantu NA sebagai pemilik travel yang diduga salah satu dalam perjalanan fiktif Nurdin Abdullah.

3. Menuntun PANSUS untuk mengundang dan memeriksa kembali NA atas keterangan palsu yang disampaikan saat menghadiri panggilan sidang Pansus Hak angket

4. Menuntut Pansus untuk segera menonaktifkan dan mencopot NA dari jabatannya sebagai Gubernur Sulawesi Selatan secara tidak terhormat.

5. Meminta KPK RI, Bareskrim Polri dan Dirkrimsus Polda Sulawesi Selatan, Kejaksaan Agung dan Kejati untuk mengawasi hasil PANSUS hak Angket agar segera menindaklanjuti pelanggaran-pelanggaran pidana korupsi dan penyalahgunaan wewenang yang terungkap dalam sidang Pansus Hak angket tersebut.

Puluhan peserta unjuk rasa diterima langsung oleh Pimpinan Panitia hak angket di lantai 2 gedung DPRD provinsi Sulawesi Selatan. Pimpinan panitia hak angket menyatakan unjuk rasa ini merupakan suatu dukungan dari masyarakat bagi Panitoa Hak angket.

"Saya kira ini adalah salahsatu dari aspirasi masyarakat berupa dukungan kepada panitia angket" ungkap Kadir Halid

.Ia pun menyampaikan ucapan terimakasih dan bersyukur atas masyarakat yang mendukung hadirnya Hak angket DPRD Provinsi Sulawesi Selatan ini.

"Saya bersyukur berterimakasih bahwa masih ada masyarakat Sulawesi Selatan yang mendukung panitia angket," tambah Ketua Panitia Hak Angket DPRD Provinsi Sulawesi Selatan ini.

Ia memastikan Hak angket berjalan dan berlangsung telah sesuai dengan koridornya. "Panitia hak angket ini berjalan dalam koridor yang benar selama ini kan, banyak juga masyarakat yang meragukan seperti itu dan Alhamdulillah semua kita sudah tuntaskan panitia angket telah bekerja dengan baik," terang ketua fraksi partai Golkar itu.

Sementara itu gelaran Rapat Paripurna hak angket baru akan terjadwal setelah dilakukan rapat pimpinan.
 

Penulis : Herlin Sadid

Editor : Fritz Wongkar