Buka MPLS, AM Sukri Minta Tidak Ada Unsur Kekerasan

Buka MPLS, AM Sukri Minta Tidak Ada Unsur Kekerasan
Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali saat menjadi pembina upacara di lapangan Pemuda Bulukumba, Senin (15/7).

KabarMakassar.com -- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA dan SMK se Kabupaten Bulukumba dimulai dengan upacara pembukaan di lapangan Pemuda Bulukumba, Senin (15/7).

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali selaku pembina upacara menyampaikan selamat datang kepada para siswa baru di bangku SMA dan SMK.

Masa SMA, kata AM Sukri adalah masa penuh kenangan.

"Semua yang hadir di sini tentu memiliki kenangan di masa SMA-nya. Karena di masa ini pula siswa biasanya sudah mulai jatuh cinta" bebernya.

Untuk itu, Bupati dua periode ini mengingatkan agar siswa harus mengendalikan diri,  jangan sampai kebablasan seperti kasus "Blitz" yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Saya harap kasus itu tidak terulang lagi, kendalikan diri dengan baik.  Saya minta ananda sekalian tetap fokus untuk belajar untuk mencapai cita-cita ananda sekalian" ucapnya.

Selain itu, AM Sukri meminta pelaksanaan MPLS dilakukan dengan pendekatan humanis, tidak menggunakan unsur kekerasan kepada siswa baru, seperti kejadian siswa baru meninggal karena mengikuti pengenalan lingkungan sekolah.

"Para kepala sekolah dan guru harus memonitor,  jangan sampai ada siswa senior melakukan kekerasan kepada siswa baru," imbau AM Sukri.

Dalam laporannya Panitia Pelaksana, Syamsurijal menyebutkan jumlah peserta MPLS sebanyak 4.817 siswa yang terdiri dari SMA 3.577 siswa, dan SMK sebanyak 1.240 siswa. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah berlangsung mulai tanggal 15 sampai 20 Juli 2019 di satuan sekolah masing-masing.

"Tujuan dilaksanakan MPLS adalah untuk mengenali potensi diri siswa baru, serta membantu siswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah," kata Syamsurijal yang juga menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 10 Bulukumba.

Selama pelaksanaan MPLS, lanjutnya,  siswa baru akan diberikan motivasi,  semangat dan cara belajar efektif,  serta mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.

"Kita juga berharap melalui kegiatan ini, dapat menumbuhkan perilaku positif, nilai kejujuran dan kemandirian siswa" ungkapnya.

Diketahui jumlah SMA/SMK di Kabupaten Bulukumba terdiri dari SMA Negeri sebanyak 19 unit, SMA Swasta sebanyak 3 unit, SMK Negeri sebanyak 11 unit, dan SMK Swasta sebanyak 5 unit.

Turut hadir pada upacara pembukaan MPLS tingkat SMA/SMK, Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki,  Kepala Disdikbud  Akhmad Januaris, Cabang Dinas Pendidikan Pro Wilayah V,  serta para kepala SMA/SMK se Kabupaten Bulukumba. Acara ditutup dengan persembahan parade SMAPHORE Pandawa Scout SMA Negeri 1 Bulukumba.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Nor Syakila