DPRD Bulukumba Tegaskan Pemkab Segera Masukkan Laporan KUA-PPAS

DPRD Bulukumba Tegaskan Pemkab Segera Masukkan Laporan KUA-PPAS
Ketua DPRD Bulukumba H.Andi Hamzah Pangki, menuding Pemerintah Kabupaten Bulukumba lambat dalam bekerja.(Foto : Fitriani Lestari)

KabarMakassar.com -- DPRD Kabupaten Bulukumba menuding Pemerintah Kabupaten Bulukumba lambat dalam bekerja.

Sebab hingga hari ini, Pemerintah daerah (Pemda) belum memasukkan laporan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang nantinya untuk disampaikan kepada kepala daerah sebagai pedoman dalan penyusunan APBD berdasarkan Rencana Kerja Prioritas Daerah (RKPD) di anggaran perubahan tahun 2019 dan anggaran pokok 2020.

Padahal sesuai regulasi, berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 12 Tahun 2018 Tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD pasal 16 ayat 1 tertulis pembahasan kebijakan umum APBD dan prioritas dan plafon anggaran sementara dilaksanakan oleh DPRD dan kepala daerah setelah kepala daerah menyampaikan kebijakan umum APBD dan prioritas dan plafon anggaran sementara disertai dengan dokumen pendukung.

“Hal ini sudah harus masuk di DPRD dibahas bersama mengingat waktu sangat mendesak, karena masa bakti anggota di DPRD akan berakhir 19 Agustus 2019. Sehingga seharusnya diselesaikan dan diserahkan kepada DPRD Laporan KUA dan PPAS itu secepat mungkin, paling lambat Minggu kedua Juli,” kata Ketua DPRD Bulukumba H.Andi Hamzah Pangki

Lebih jelas Ketua DPD II Golkar mengungkapkan, akibat keterlambatan laporan KUA dan PPAS bisa mengakibatkan keterlambatan pembahasan anggaran pokok hingga bisa bisa molor ke tahun 2020. Sehingga, kemungkinan besar Penghargaan Wajar Tanpa pengecualian (WTP) gagal di raih Pemkab.

“Oleh karena itu, sesuai surat DPRD tertanggal 1 Juli 2019 Nomor 177/DPRD-BK/VII/2019 ke pemerintah daerah, agar kiranya pak bupati segera memasukkan laporanya. Sudah berapa kali disurati dan disampaikan secara lisan, namun sampai hari ini pemkab belum memasukan juga laporan KUA dan PPAS-nya” tegasnya.

Dikonfirmasi, Sekertaris Daerah (Sekda) Bulukumba A.Bau Amal, mengemukakan, bahwa Pemkab akan menyerahkan laporan KUA dan PPAS Pokok 2020 pada Jumat 12 juli 2019 besok dan KUA-PPAS perubahan dan RAPBD-P Tahun 2019 Minggu depan.

“Insya Allah untuk KUA-PPAS Pokok 2020 akan di serahkan Jumat [12/7] dan KUA-PPAS perubahan dan RAPBD-P tahun 2019 Minggu depan,” jelas Andi Bau Amal.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Nor Syakila