Pengolahan Sampah Pinrang Harus Bisa Didaur Ulang

Pengolahan Sampah Pinrang Harus Bisa Didaur Ulang
Permasalahan sampah yang sampai saat ini masih sulit untuk diselesaikan (Int)

KabarMakassar.com -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Sudirman, didepan anggota Bhayangkara Pinrang menjadi pemateri terkait pemanfaatan limbah layak pakai semisal limbah plastik yang masih bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan, pada hari Selasa (9/7).

Gerakan 3R yang memiliki makna Reduce, Reuse dan Recycle atau mengurangi produksi sampah, memakai ulang dan mengolah kembali adalah salah satu program yang digadang dapat mengurangi tumpukan sampah utamanya sampah plastik.

Menelisik secara gamblang jenis - jenis sampah baik yang dihasilkan dari rumah tangga maupun industri.

Dalam paparannya, Sudirman mengungkapkan, sampah yang paling sulit untuk diurai adalah sampah anorganik dari jenis plastik, sampah ini menurutnya membutuhkan waktu yang sangat lama hingga dapat diurai oleh tanah.

Olehnya itu, usaha untuk mendaur ulang sampah plastik adalah cara paling bijak untuk menanggapi permasalahan ini, selain upaya untuk mengurangi penggunaan bahan - bahan berjenis plastik dalam kehidupan sehari - hari.

"Plastik hanya dapat diurai oleh tanah 20 - 1000 tahun, dan ini sangat berpengaruh buruk bagi keberlangsungan lingkungan" ucap Sudirman.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Nor Syakila