Sidang Perdana Hak Angket DPRD, Mantan Plt BKD Dicecar Pertanyan

Sidang Perdana Hak Angket DPRD, Mantan Plt BKD Dicecar Pertanyan
Pansus Hak angket DPRD Sulsel memeriksa mantan Plt Kepala BKD Sulsel, Lubis. (Foto: Herlin/KabarMakassar.com).

KabarMakassar.com -- Sidang perdana hak angket DPRD Sulawesi Selatan menghadirkan pelaksana tugas (plt) Kepala BKD Pemprov Sulsel, Lubis yang menjabat sejak 5 Maret 2019-25 April 2019.

Dalam rapat sidang hak angket tersebut, Lubis dicecar puluhan pertanyaan oleh anggota Pansus Hak angket di ruang rapat DPRD Sulsel, Senin (8/7) kemarin.

Mantan Plt Kepala BKD, Lubis dicecar pertanyaan seputar penerbitan 193 SK yang diterbitkan oleh Pemerintah provinsi Sulawesi selatan.

"Banyak informasi baru tadi, walaupun Pak Lubis sebagai terperiksa tidak banyak mengetahui soal mutasi banyak informasi-informasi yang diberikan terkait dengan mutasi ini," ucap Ketua Pansus Hak Angket, Kadir khalid.

Kadir menambahkan jika akan ada dua nama baru yang akan dipanggil oleh pansus dalam sidang angket terkait dengan penerbitan SK 193 yang lalu.

"Ada satu orang staf yang membuat ini SK namanya Reza, nanti Reza kita panggil termasuk ada yang namanya kepala bidang mutasi dan kepala bidang pengembangan nanti kita akan juga mintai keterangan," tambah anggota fraksi Golkar ini.

Sementara dalam sidang yang diagendakan hari ini ada dua terperiksa yang mangkir dari panggilan DPRD yaitu Kepala BKD Asri Sahrun kemudian Plt Sekda, Ashari Fakhsirie Radjamilo.

"Hari ini ada dua orang yang mangkir itu adalah kepala BKD Asri Sahrun kemudian PLT Sekda pak Ashari Fakhsirie radjamilo," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan keduanya akan kembali dipanggil untuk menghadiri pemeriksaan pada hari Rabu, 10 Juli 2019 nanti.

"Yang mangkir hari ini langsung kita buatkan surat panggilan ke dua jadi yang tidak hadir hari ini ada dua orang kita langsung buatkan panggilan kedua hari Rabu lagi hadir kalau hari Rabu belum hadir lagi kita panggilan terakhir kita panggil paksa, tapi kalau harapan saya panggilan ke dua dia bisa hadir supaya tidak ada lagi panggilan ke tiga” tambah Kadir halid.

Untuk diketahui jika hari ini, Selasa 9 Juli 2019 Pansus Hak angket akan memanggil beberapa pejabat Pemprov Sulsel untuk diperiksa diantaranya, Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, Jumras mantan Kepala Biro Pembangunan dan Pengadaan Barang dan Jasa Sulsel, dan Lutfi mantan Kepala Inspektorat serta memanggil kembali Lubis.

Penulis : Herlin Sadid

Editor : Fritz Wongkar