Pihak GMTD Janji Serahkan Fasum Fasos Dalam Waktu Dua Minggu

Pihak GMTD Janji Serahkan Fasum Fasos Dalam Waktu Dua Minggu
Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar gelar rapat bersama dengan GMTD

KabarMakassar.com -- Belum adanya penyerahan Fasilitas umum dan Fasilitas Sosial (Fasum/Fasos) dari PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk, mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memberikan Surat Kuasa Khusus (SKK) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar untuk proses penyelamatan aset berupa PSU di perumahan tersebut. 

Hal ini didasari terkait permohonan bantuan hukum non litigasi mengenai proses penyerahan PSU pada perumahan GMTD.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar berharap masalah fasum fasos ini dalam waktu dekat bisa menemukan titik tegah.

"Kasus ini kurang lebih sudah 10 tahun berjalan namun sampai saat ini masih juga disoalkan. Kita mau tau apa yang menjadi alasan GMTD belum melakukan kewajibannya," kata Ansar saat ditemui Balai Kota Makassar,  Selasa (25/6).

Ansar menyatakan dalam waktu dua minggu kedepan serah terima dokumen-dokumen fasum/fasos ini akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan. 

"Tadi ada kespakatan. Dua minggu kedepan akan di rencanakan untuk dilakukan penyerahan. Penyerahannya nanti akan dilakukan di lapangan," ucapnya.

Sementara itu A Eka Firman Ermawan selaku Associate Director PT GMTD Tbk menuturkan pihaknya sudah sejak lama menyerahkan beberapa lahan secara fisik namun diakuinya belum secara administrasi.

"Kami punya bukti penyerahan lahan yang kini sudah digunakan oleh Pemkot namun memang secara administratif kami akui belum berjalan, namun kami berjanji dalam waktu dekat ini akan menyelesaikan segala persoalan administrasi berikut dengan penyerahan PSU ke Pemerintah Kota Makassar," janjinya.

Rapat berjalan dengan mendengarkan pendapat antara Pemkot Makassar dan PT GMTD Tbk ini memutuskan beberapa poin di antaranya:

1. Pihak Pemkot Makassar dan PT GMTD Tbk sepakat akan memulai penyerahan PSU termasuk jalan Metro Tanjung Bunga dalam jangka waktu 2 minggu ke depan.

2. Akan membentuk tim serah terima PSU yang ditentukan oleh masing - masing pihak selambatnya 26 Juni 2019 yang akan membahas teknis dan administratif penyerahan PSU.
3. Setelah adanya serah terima PSU, Pemkot Makassar akan segera melakukan penyelesaian administratif pertahanan (BPN).

4. Masing - masing pihak sepakat untuk membantu pemberian data administratif terkait penyerahan PSU terkait.

5. Untuk efektifitas penyerahan PSU akan dikoordinasikan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukinan Kota Makassar.

6. Penyerahan PSU oleh PT GMTD Tbk difokuskan pada PSU yang tidak dalam keadaan sengketa.
 

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Fritz Wongkar