Persiapan Tuan Rumah Porda 2020 Legislator di Bulukumba Temui Menpora

Persiapan Tuan Rumah Porda 2020 Legislator di Bulukumba Temui Menpora
Legislator Bulukumba menemui Menpora Imam Nahrawi di gedung Menpora di Jakarta.

KabarMakassar.com -- Sebanyak 20 legislator Kabupaten Bulukumba tidak berada di Kabupaten Bulukumba selama 3 hari  Senin 24 juni sampai 26 juni 2019 mendatang. "Menghilangnya" legislator Bulukumba karena ada kunjungan ke Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Imam Nahrawi di Jakarta.
 
Dua puluh legislator tang berangkat ke Jakarta adalah anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bulukumba yang dipimpin langsung Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangky. 

Sekretaris DPRD, Daud Kahal mengaku jika keberangkatan 20 legislator ke Kementrian untuk konsultasi hasil Reses dan pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD. Termasuk meminta dukungan untuk pembangunan infrastruktur olah raga di Bulukumba.

"Keberangkatannya itu merupakan program DRPD Bulukumba, dan ada di DPA (Dokumen Pelaksana Anggaran) dan disetujui APBD dan merupakan HAK DPRD dalam fungsi pengawasan," Ujar Daud Kahal saat dikonfirmasi, Senin (24/6).

Kehadirian DPRD Bulukumba juga termasuk menyampaikan persiapan Pekan Olah Raga Daerah (Porda) dimana Bulukumba jadi tuan rumah pada tahun 2020 mendatang.

"Jadi Banggar ketemu langsung dengan Menpora Imam Nahrawi di gedung Menpora. Pak Imam Nahrawi Menyambut positif dan memberi dukungan. Bahkan meminta Pemkab dan DPRD mendorong ke Kemenpora untuk pembangunan infrastruktur. Termasuk dukungan persiapan lahan Sport Center," Tambah Daud. 

Bahkan menurut Daud, Menpora merespon apabila ada permintaan dukungan pemerintah Bulukumba dalam hal pengembangan Infrastruktur. 

Setelah dari Menpora, Badan Anggaran rencananya akan berkunjung ke Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa kementrian Dalam Negeri, Selasa (25/6) besok. Kunjungannya mengenai adanya dinamika pemerintahan di Bulukumba pemilihan terkait pemiluhan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yanga sementara terlaksana saat ini.

"Jadi mereka juga ke sana untuk meminta klarifikasi adanya aspirasi masuk DPRD mengenai dua opsi pemilihan BPD yaitu, pemilihan langsung atau perwakilan," Jelas Daud Kahal.

Sementara Ketua Dprd Bulukumba mengaku  jika dirinya berkunjung ke Kemenpora untuk menyampaikan bahwa Bulukumba siap menjadi tuan rumah Porda 2022.

Hanya saja menurut Hamzah, kesiapan bulukumba untuk menjadi tuan rumah Porda 2022 masih memiliki banyak kendala. Diantara masih kurangnya venue yang tersedia di Bumi Panrita Lopi saat ini.

"Yang menjadi kendala saat ini adalah masih kurang venue dan sarana lainnya. Kami berharap Kemenpora dapat membantu agar Bulukumba memiliki venue yang berstandar nasional," Tandasnya.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Prisatno