Soal Hak Angket, Selle KS Dalle: Demokrat Dukung Penuh

Soal Hak Angket, Selle KS Dalle: Demokrat Dukung Penuh
Politisi partai Demokrat, Selle KS Dalle (int).

KabarMakassar.com -- Terkait dengan hak angket yang disetujui melalui sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Provinsi Sulawesi Selatan, politisi partai Demokrat, Selle KS Dalle mengatakan jika seluruh anggota demokrat menyetujui.

Hak angket untuk pemerintahan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman disetujui kemarin,  digedung DPRD Sulsel Senin, (24/6).  

Adapun alasan DPRD Provinsi Sulsel menyepakati hak angket ini didasari dari realisasi APBD Provinsi Sulsel tahun 2018-2023 dan terbinya SK Wakil Gubernur yang melantik 193 pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel.

Selle KS Dalle mengatakan, jika pengambilan keputusan itu telah memenuhi syarat sebagaiamana yang di atur dalam Undang-Undang. 

"Tadi sudah kita sampaikan materi angketnya ada. Paripurna pengambilan keputusan juga sudah selesai dan memenuhi sayarat sebagaimana diatur dalam UU maupun di dalam tatip DPRD," kata Selle saat di konfirmasih, Senin (24/6).

Selle menyampaikan dari partainya sendiri yaitu Partai Demokrat mendukung penuh hak angket ini. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya dalam Sidang Paripurna ini.

"Buktinya kita tadi hadir meskipun secara teknis satu orang tidak sempat hadir karena katanya terjebak macet," ujarnya. 

Ia juga mengapresiasi anggota DRPD Sulsel dari fraksi PAN. Menurutnya mereka dari awal konsisten menyampaikan sikapnya mengusulkan penggunaan hak angket, dan itu dibuktikan hari ini dengan kehadiran mereka. 

Pengambilan keputusanya ini juga dinilai telah memenuhi persyaratan dari 64 anggota DPRD yang hadir ada 60 orang menyetujui hak angket ini. 

"Kita mengapresiasi dan menghargai khusnya teman-teman dari PAN, sejak dari awal dia memang meyampaikan sikapnya mengusulkan penggunaan hak usaha angket. Semoga ini dapat menjadi contoh," lanjutnya. 

Legislator asal Soppeng-Wajo ini juga menyampaikan kedepan akan lebih fokus mengawal kerja-kerja pansus hak angket dikarenakan ada batasan waktu maksimal 60 hari kerja. 

Maka dari itu pansus hak angket menurut Selle harus menustaskan kerja-kerja peyelidikanya antara lain sejumlah rekomendasi dan kesimpulan.

"Jadi sekarang ini kita fokus, jadi mungkin besok masing-masing fraksi kasi masuk surat ke pimpinan, permintaan penunjukan panitia angket masing-masing dari fraksi yang keangotaanya terdiri dari 20 orang setelah terbentuk panitia agkenya yah jalan," tutupnya.

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Fritz Wongkar