Stroke Tertolong karena Program JKN-KIS

Stroke Tertolong karena Program JKN-KIS
Foto: Yohana (71) seorang pensiunan PNS dalam 4 tahun terakhir ini menderita penyakit stroke, merasakan manfaat Program JKN-KIS .

KabarMakassar.com -- BPJS Kesehatan tak hentinya memberikan pelayanan terbaik bagi pesertanya di segala segmen baik PBI, PPU/BP, maupun PBPU melalui Program JKN-KIS.

Yohana (71) seorang pensiunan PNS dalam 4 tahun terakhir ini menderita penyakit stroke. Di usia yang tidak muda lagi dia harus banyak menghabiskan waktunya di rumah sakit untuk mengontrol kondisi tubuhnya. Sejak gejala stroke, Yohana tidak bisa menjalankan rutinitas kesehariannya seperti biasa seperti saat kondisi tubuhnya masih sehat.

Terkadang pula ia sering merasakan hilangnya keseimbangan pada tubuhnya yang memang merupakan salah satu gejala stroke.

Stroke terjadi karena adanya gangguan fungsi saraf yang disebabkan oleh gangguan aliran darah dalam otak yang dapat timbul secara mendadak dalam beberapa detik atau secara cepat dalam beberapa jam dengan gejala atau tanda-tanda sesuai dengan daerah yang terganggu.

“Sudah 4 tahun ini saya rutin mendatangi rumah sakit untuk mengontrol kesehatan saya, baik di Toraja maupun Makassar. Waktu itu sekitar 1 tahun saya menjalani perawatan di Makassar. Waktu keadaan saya mulai membaik barulah saya kembali ke Toraja dengan tetap melakukan kontrol rutin,” ujarnya

Selain itu, Yohana ternyata menderita hipertensi. Kata dokter salah satu penyebab stroke pun adalah hal tersebut. Karenanya Yohana dianjurkan untuk memulai pola hidup sehat, yakni menjaga pola makan dan kondisi fisiknya, Jumat (14/6). 

“Waktu itu saya tiba-tiba tak sadarkan diri, lalu dilarikan ke Rumah Sakit. Setelah dicek ternyata terkena stroke sehingga harus diopname. Keluargapun mulai panik, tetapi bersyukur kian hari keadaan saya kian membaik sampai diizinkan untuk keluar dari Rumah Sakit dengan catatan tetap melakukan kontrol rutin seminggu sekali,” tambahnya.

Pelayanan medik yang ia dapatkan ketika keadaannya berangsur membaik yakni perawatan fisioterapi.

Penanganan fisioterapi adalah kebutuhan yang mutlak bagi pasien untuk dapat meningkatkan kemampuan gerak dan fungsinya.

Selain itu ia juga melakukan kontrol secara rutin, untuk mengetahui perkembangannya. Ia juga diberikan edukasi dan  disarankan merubah pola hidup untuk menjaga kesehatannya dan mengurangi aktivitas fisiknya, sehingga risiko terserang stroke semakin berkurang.

Wanita kelahiran Toraja ini merasa beruntung karena selama ini ia tidak pernah merasa diberatkan oleh rumah sakit dalam hal pelayanan dan administrasi.

"Semua ini berkat program JKN-KIS yang benar-benar bermanfaat bagi saya dan bagi banyak orang lainnya. Saya tak pernah sekalipun dimintai biaya pengobatan, walaupun pelayanan kesehatan yang diperoleh sangat besar manfaatnya." Kata Yohana

Penulis : Redaksi

Editor : Prisatno