Kabid Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDMD Makassar Usulkan 511 Kuota CPNS 

Kabid Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDMD Makassar Usulkan 511 Kuota CPNS 
Foto: Kadir Masri, Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDMD Kota Makassar saat ditemui diruangannya. Jumat (14/6).

KabarMakassar.com -- Kuota untuk penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik CPNS maupun PPPK ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) akan segerah di usulkan oleh pemerintah Kota Makassar. 

"Mengenai kebutuhan CPNS kita dan PPPK di Kota Makassar. Sesuai format yang disampaikan Menpan-RB kepada pemerintah Kota Makassar untuk tahun 2019 ini, kita akan usul sebanyak 511 orang," kata Kadir Masri, Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDMD Kota Makassar saat ditemui diruangannya. Jumat (14/6).

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mepersiapkan seluruh kebutuhan ASN di lingkup Pemerintah Kota Makasaar yang akan diusulkan.

Untuk tahun 2018 sendiri, dikatakan jika Pemerintah Kota Makassar mengusulkan ribuan kuota CPNS ke Menpan-RB namun hanya ratusan kuota yang diterima pemerintah Kota Makassar. 

"Tahun 2018 kita mengusulkan sebanyak 1370 namun yang diberikan formasi hanya sekitar 463. Jadi masih ada tersisa di sistem kita kurang lebih 900," ungkapnya. 

Menurutnya Kota Makassar ini masih sangat kekurangan suber daya manusia khusunya tenaga pengajar dan kesehatan, hal ini juga di akibatkan adanya pegawai yang akan pensiun sebanyak 400 di tahun 2019. 

Selain dari tenaga pengajar dan tenaga kesehatan dia juga mengatakan jika tenaga IT juga masih di butuhkan mengingan saat ini perkembangan teknologi semakin maju. 

"Kita memang masih butuh, terutama guru dan tenaga kesehatan masih sangat kita perlukan, termasuk juga tenaga IT," terangnya. 

Hal yang sama juga pernah disampaikan oleh Kepala BKPSDMD Kota Makassar, Andi Siswanta Attas, jika untuk lingkup kota Makassar sendiri masih kekurangan tenagah Pendidik dan Kesehatan.

"Menurut informasih terkahir dari pak Kadis, itu kita kekurangan guru seribu lebih untuk SD dan SMP (guru PNS). Kalau kesehatan saya tidak terlalu tahu karena banyak pegawai. Pegawai-pegawai yang pindah masuk. Belum ada data yang diberi sama Dinas Kesehatan berapa semua kekuranganya," terangnya. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin, berharap penerimaan CPNS dan PPPK nantinya dapat menggantikan tenaga kesehatan khusunya yang akan pensiun. 

"Mudah-mudahan tahun tenaga ini kesehatan dapat jatah untuk P3K dan cpns karena kami sangat kebutuhan tenaga kesehatan, Utamanya dokter" harapnya.

Penulis : Saleh Sibali

Editor : Fritz Wongkar