JK Akan Buka PSBM di CPI Makassar

JK Akan Buka PSBM di CPI Makassar
Foto: Wakil Presiden (Wapres) RI HM Jusuf Kalla (JK) siap membuka Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XIX di Wisma Negara Centre Point of Indonesia (CPI), Tanjung Bungam, Makassar, Minggu (16/6/2019)pagi.

KabarMakassar.com -- Wakil Presiden (Wapres) RI HM Jusuf Kalla (JK) siap membuka Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XIX di Wisma Negara Centre Point of Indonesia (CPI), Tanjung Bungam, Makassar, Minggu (16/6/2019) pagi.

Seribuan saudagar dari 33 provinsi se-Indonesia dan puluhan perwakilan dari 13 negara dijadwalkan sudah hadir di Makassar pada Sabtu, (15/6/2019).

Para saudagar akan dijamu makan malam di Gubernuran, Jl Jendral Sudirman, Makassar, besok malam. Jamuan makan malam di Gubernuran itu dipastikan tanpa Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA). Gubernur ke Jerman setelah mencopot Kepala Inspektorat Sulsel Lutfie Natsir, Senin (10/6/2019).

Kepastian kesiapan JK diperoleh saat panitia PSBM XIX dan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) audiensi di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (13/6/2019) pagi.

Hadir dalam audiensi ini Penjabat (Pj) Walikota Makassar Iqbal Samad Suhaeb, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel Abdul Hayat Gani yang juga Ketua Panitia Lokal PSBM XIX, serta Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel Zulkarnaen Arief.

"Kami diterima dikantor Wapres sekitar pukul 10.00 pagi," Kata Iqbal. Menurutnya, selama menerima panitia PSBM, JK tampak bugar dan tak pernah mengeluh soal kesehatan.

"Pak JK berpesan agar tetap jaga spirit kebersamaan, persatuan dan semangat untuk membantu junior dan pengusaha pemula yang baru mau terjun ke dunia bisnis, "jelas Iqbal.

Selain itu JK Berpesan agar PSBM tidak dilembagakan agar tidak ada yang mengklaim. "Pak JK berpesan agar PSBM tidak lembagakan agar tidak ada seorang yang mengklaim sebagai mewakili Saudagar Bugis Makassar," Kata Iqbal. 

Pembicara Utama
Hayat mengatakan, JK menyatakan siap hadir membuka acara. "Beliau (JK) berkenaan hadir, "ujar Hayat. Menurutnya, kepanitiaan sudah siap termasuk pembicara Men-Pan Syafruddin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paebonan, Bupati Selayar Basli Ali, Pengusaha dari Kalimantan Masud Darmawan.

"Pariwisata menjadi tema utama PSBM, karena sektor ini merupakan salah satu sumber devisa negara terbesar. Apalagi di Sulsel banyak potensi wisata yang bisa digarap menjadi destinasi menarik. Makanya dua Bupati yang menjadi sumber andalan pariwisata Sulsel kita hadirkan sebagai pembicara," jelas Hayat.

Serasa berbeda
PSBM ke-19 ini agak berbeda dari sebelumnya. Salah satu pembedanya karena "untuk pertama kalinya para saudara dari berbagai negara yang pulang kampung itu tidak di sambut oleh Gubernur Sulsel. NA akan diwakili Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel Andi Sudriman Sulaiman menjamu para saudagar di Gubernuran.

"tidak hadir kayaknya pak Gub," ujar Hayat. Saat para saudagar itu mendiskusikan kemajuan Sulsel, NA masih dalam perjalanan dari Jerman bersama Bupati Wajo Andi Amran Mahmud.

Kabag Protokol Pemprov Sulsel, Amson Padolom mengonfirmasikan, NA dan rombongan akan berada di Jerman hingga Minggu (16/6/2019). Dalam PSBM XIX ini, panitia menyiapkan kursi khusus VIP, antara lain, Founder Bosowa Aksa Mahmud, ketua MUI Sulsel AGH Sanusi Baco, dan Dirut Pelindo Makassar Farid Padang.

Penulis : Arien Pranawa AB

Editor : Prisatno