Biar Gak Lambat, 10 Tips Membeli Laptop Gaming  

Biar Gak Lambat, 10 Tips Membeli Laptop Gaming  
Foto: Ilustrasi. (INT)

KabarMakassar.com -- Seorang Gamers tentu saja harus memiliki laptop Gaming. Desain dan setiap peralatan yang ditawarkan tentu saja sangat berbeda dari seri laptop biasa. Sebelum membeli Laptop Gaming sebaiknya kalian perlu perhatikan beberapa hal. Selasa (28/5).

Sesuai dengan namanya, perangkat Gaming lebih memfokuskan fungsinya untuk bermain game. Dan menciptakan sensasi bermain game lebih nyata dan keren. 

Perhatikan Beberapa Hal Dalam Membeli Laptop Gaming!

1. Portabilitas / Berat Laptop. Laptop gaming sudah jelas memiliki tingkat portabilitas yang berbeda dari jenis laptop biasa. Dibuat khusus sebagai penunjang permainan tentu saja ada penambahan hardware gaming dan menjadi berat ketika dibawa. Namun jangan khawatir mengenai hal itu karena Kalian bisa membelinya sesuai selera dan keinginan masing-masing. Bisa saja Kalian menyukai tipe 13”-14” ataupun 17”-18”. Pilihlah sesuai keinginan dan budget dimiliki. 

Sekali cek ulang pada bagian detail laptop tersebut biasanya terdapat informasi beratnya. Apalagi saat ini banyak sekali laptop gaming memiliki performa baik dan sangat ringan saat dibawa-bawa.

2. Brand Processor. Processor adalah otak komputer yang merupakan perangkat keras dan memahami serta melaksanakan sebuah perintah data dari perangkat lunak. 

Dalam memilih brand kembali lagi kepada kesukaan kalian masing-masing ada yang lebih tertarik dengan processor Intel karena hemat daya. Tidak cepat panas dan performa bagus. Ada juga yang suka processor AMD karena murah dan cepat. Dalam membeli laptop gaming disarankan kepada kalian Processornya adalah untuk Intel minimum Intel Core i5. Sedangkan processor AMD minimal A10 atau seri FX. Perhatikan juga GHz atau kecepatan processornya agak mendapatkan performa yang baik.

3. GPU (Kartu Grafis/VGA Card)
Dalam sebuah laptop gaming pasti harus memiliki kartu grafis, VGA Card, Graphics Card di dalamnya. Perannya sangat penting dalam mengatur segala hal yang nantinya akan berhubungan dengan proses pembentukan gambar. Maka dari itu, bila kalian salah pilih dalam membeli GPU. Bisa-bisa nanti saat bermain game akan terhambat dan kalian jelas menjadi kurang menikmatinya.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih laptop gaming dengan 4 GB VRAM untuk semakin nyaman saat memainkan game. Untuk merek ada 3 Intel HD Graphics biasanya ini bawaan dari processor. Dan masalah VGA tambahan 2 merek ternama seperti NVIDIA atau AMD yang dua-duanya sangat bagus.

4. Memory RAM

Random Access Memory atau disingkat sebagai RAM merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah laptop. Khusus laptop gaming disarankan RAM melebihi 4 GB atau rekomendasi saat ini yaitu 8 GB. Karena beberapa game membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar.

 Jika laptop yang kalian incar spek rendah, biasanya beberapa brand Laptop sudah menyediakan slot tambahan RAM untuk upgrade ke lebih tinggi.

5. Display

Kenikmatan sebuah game akan semakin terasa jika grafik yang disuguhi mempesona. Sebab efek real yang didapat benar-benar nyata dan hampir bisa dirasakan. Namun tahukah kalian bahwa resolusi layar juga berpengaruh dalam memberikan tampilan menawan ketika bermain game? Bila kedua hal itu dimiliki maka pengalaman bermain game kalian akan terasa sangat menarik.

Resolusi laptop umumnya adalah 1366×768 HD, namun untuk saat ini lebih baik ber-resolusi 1920×1080 Full HD. Atau diatasnya akan lebih baik namun semakin tinggi resolusi biasanya akan semakin berat karena gambar akan semakin tajam.

6. Hard Drives

Mungkin kalian pasti pernah mengalami ketika sedang seru-serunya bermain game tiba-tiba terasa sangat lambat. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kalian membeli laptop dengan Hard Drive 1TB yang memiliki kecepatan sebanyak 7200 rpm atau mulai menggunakan tambahan SSD. SSD memiliki kecepatan lebih cepat dari HDD hingga 10x namun jumlah storage lebih kecil dari HDD, jadi biasanya SSD digunakan untuk Operasi System.

7. Daya Tahan Baterai

Karena sebuah laptop menggunakan baterai jadi hal ini perlu kalian perhatikan juga. Apalagi sebuah laptop gaming dipakai untuk bermain game dan akan memakai banyak baterai, tentu membuat baterai laptop cepat habis.

Jadi coba lihat spesifikasi dari laptop yang ingin kalian beli biasanya ada kapasitas dan daya tahan baterai yang dimiliki laptop tersebut. Namun kebanyakan laptop gaming dari berbagai brand, hanya bisa bertahan selama 2 jam saja saat menggunakan baterai.

8. Port

Jangan lupa untuk periksa bagian Port pada saat membeli laptop gaming. Port ada banyak jenisnya, namun untuk pemakaian gaming biasanya membutuhkan USB 3.0, HDMI, Jack Audio. USB 3.0 merupakan USB yang paling cepat dan sangat berguna untuk game seperti mentransfer data, dan menggunakan mouse tambahan.

Sedangkan HDMI untuk menghubungkan layar laptop ke tv atau monitor sebagai tambahan biar lebih menarik. Jack Audio guna pemakaian headset atau speaker biar suara yang dihasilkan lebih menakjubkan.

9. Service Center

Ketika sudah membeli sebuah laptop tentu perhatikan after sales dari brand tersebut apakah baik pelayanannya atau tidak. Karena jika terjadi sesuatu pada laptop hal pertama yang harus kalian lakukan adalah kalian akan mendatangi service center.

10. Keyboards

Jangan lupa dalam pemilihan mengenai keyboard walau terlihat simple dan banyak orang tak memikirkannya. Papan ketik pada laptop gaming sangat jelas berbeda dari laptop biasa.

Sebab Kalian juga harus mempertimbangkan faktor kenyamanan dan kecepatan yang diperlukan saat sedang bermain. Jadi pilihlah dengan teliti agar pergerakan tangan kalian tidak terhambat karena kurang nyaman saat memainkan game.

Itulah 10 hal yang harus kalian perhatikan ketika ingin membeli laptop gaming. Jika 10 hal ini kalian perhatikan, kalian akan mendapatkan rasa nyaman dan keseruan saat bermain game. (Sumber: gamedaim.com)

Penulis : Redaksi

Editor : Prisatno