Anggota DPRD Kembali Soroti 10 Jabatan Lowong di Pemkab Tana Toraja

Anggota DPRD Kembali Soroti 10 Jabatan Lowong di Pemkab Tana Toraja
Sidang Paripurna Istimewa di ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Tana Toraja, Sabtu, (11/5).

KabarMakassar.com -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Tana Toraja kembali menyoroti kosongnya jabatan di 10 instansi dilingkup Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tana Toraja. Diketahui jika saat ini masih ada jabatan yang masih diisi oleh pelaksana tugas atau Plt, bahkan hingga sampai saat ini lebih dari setahun lamanya.

Wakil Ketua DPRD Tana Toraja, Andarias Tadan di usai rapat paripurna di kantor DPRD Tator mengatakan, jika pemerintah kabupaten Tana Toraja tidak melakukan pengisian terhadap 10 Dinas yang kosong itu wajib hukumnya . 

"Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Tana Toraja, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengisi 10 jabatan kepala dinas yang kosong itu . Apa lagi suda setahun lebih di isi dengan pelaksana Tugas . 

Jika ini tidak di lakukan maka ini juga mengganggu pelayanan kepada rakyat dan bertentangan dengan visi misi Nivi jangan biarkan Rakyat ku lapar ,bodo, dan sakit," kata Andarias Tadan, Sabtu (11/5).

Andarias Tadan juga menambahkan jika inilah fungsi dirinya selaku wakil rakyat mengawasi kinerja-kinerja pemerintah. Jangan sampai penyerapan anggaran itu tidak mencapai 95% yang baik .

"Kalau penyerapan anggarannya tidak sampai 80% itu sangat di sayangkan. Karena penyerapan anggaran itu berhubungan dengan pelayanan publik," tambahnya.

Terpisah dengan Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae yang menyatakan bahwa dirinya telah menyampaikan ke dewan untuk tetap sabar terlebih dahulu, "Yang sudah di lelang jabatan itu, saya akan lantik di bulan Mei 2019 ini. Dan yang belum di lakukan lelang jabatan akan kita lakukan juga lelang jabatan dalam waktu yang dekat, ungkap Nico. 

Nico juga menyatakan bahwa tidak ada masalah dalam 10 dinas yang kosong, ia mengatakan jika hal itu dirinya masih sibuk, ap[alagi baru saj digelar pesta demokrasi secara serentak.

Untuk diketahui jika Pemkab tana Toraja, sejak bulan november 2018 telah dilakukan lelang jabatan dari lima dinas pemkab tersebut. Hingga saat ini 5 dinas tersebut sudah dilakukan lelang jabatan, namun saat ini belum juga di lantik diantaranya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB serta Kadis Satpol PP dan Pemadam Kebakaran. 

Sementara itu untuk 5 dinas lainnya yang saat ini belum dilakukan lelang jabatan selama setahun lamanya diantaranya, Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang serta Kadis Kesehatan.

Sebelumnya dikonfirmasi ke Kepala BKD Tana Toraja, Joni Tonglo yang membenarkan jika masih ada 10 jabatan masih lowong yang diisi oleh pelaksana tugas. "Benar itu masih ada 10 jabatan yang lowong dan diisi oleh Plt," kata Joni Tonglo.
 

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Fritz Wongkar