Humas RSUD Bulukumba, Berbagi Tips Saat Berpuasa

Humas RSUD Bulukumba, Berbagi Tips Saat Berpuasa
Gumala Rubiah, Kasubag Humas dan Promkes RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba. Kamis (9/5) (Foto: Fitriani)

KabarMakassar.com -- Saat menjalankan ibadah puasa, pasti pernah mengalami rasa haus ataupun lapar, hal ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dan cairan kedalam tubuh yang biasanya didapatkan melalui sarapan pagi.

Sedangkan ketika berpuasa, kita melewatkan waktu sarapan tersebut dan melakukannya lebih awal, yakni di waktu/jam sahur. Kamis (9/5). 

Gumala Rubiah, Kasubag Humas dan Promkes RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari rasa haus dan lapar tersebut, yakni antara lain.

Pertama adalah melakukan kegiatan yang bermanfaat. Seperti tetap beraktivitas seperti biasa, misalnya dengan bersih-bersih rumah ataupun lingkungan sekitar, beribadah, membaca Alquran

"Tentunya dengan batasan kemampuan yang dimiliki". Ungkap Mala, 

Kedua usahakan tidak melihat jam berkali-kali. melihat jam sebentar-sebentar justru akan membuat waktu berjalan terasa lebih lambat maka akan semakin merasa lapar dan haus. 

Ketiga saat buka dan sahur usahakan perbanyak makan buah dan sayur.
Buah dan sayur memiliki kandungan air yang melimpah sehingga mampu menghindarkan dehidrasi 

Dan terakhir jangan hanya tidur terus yang akan membuat tubuh terasa lemas dan loyfo

"Rasa haus dan lapar pada tahap tertentu memang bisa mengganggu aktivitas harian yang dilakukan. Namun tips di atas bisa untuk meminimalisir hal tersebut saat menjalani puasa di bulan Ramadan, semoga bermanfaat".

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Prisatno