Sebanyak 35 CTKI Telah Melakukan Pemeriksaan Kesehatan di RSUD Bulukumba

Sebanyak 35 CTKI Telah Melakukan Pemeriksaan Kesehatan di RSUD Bulukumba
Pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada Calon Tenaga Kerja Indonesia 

KabarMakassar.com -- Sejak di Lounching pada tanggal 2 Agustus 2018 lalu sampai dengan sekarang, poliklinik Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) atau Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan. Telah melakukan pelayanan serta pemeriksaan kesehatan kepada Calon Tenaga Kerja Indonesia. 

"Tercatat sudah sebanyak 35 orang yang telah melakukan pemeriksaan di poli tersebut," beber Kabid Pelayanan Medik (Yanmed) RSUD, Dr. Muh. Amrullah.

"Dari jumlah 35 orang tersebut, 10 orang diantaranya merupakan peserta resmi yang terdaftar sebagai CTKI dengan tujuan Malaysia, yang diberangkatkan oleh PT. Teja Mukti Utama Cabang Sulawesi Selatan dan semuanya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat dan siap untuk bekerja atau Fit to work, dan telah diterbitkan Sertifikat Kesehatan CTKI/TKI" lanjutnya.

Sementara itu, 10 orang lagi belum diterbitkan sertifikat kesehatannya, dikarenakan terkendala oleh beberapa sebab, yakni antara lain memiliki nomor ID tapi belum diapproved oleh PT. Dasa Graha Utama selaku perusahaan penyalur, dan juga belum menbayar Jamsostek TKI

Dan juga terdapat CTKI Mandiri sebanyak 15 orang, yang telah memiliki pengantar dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bulukumba. Juga belum diterbitkan sertifikat kesehatannya karena terkendala belum memiliki nomor ID TKI sehingga harus dikembalikan ke BNP2TKI

"Namun secara keseluruhan semua dinyatakan sehat dan siap, dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan," imbuh Dr. Amrul.
 

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Nor Syakila