Operasi Keselamatan, Satlantas Toraja Sosialiasi ke Pengendara Ojek

Operasi Keselamatan, Satlantas Toraja Sosialiasi ke Pengendara Ojek
Operasi Keselamatan, Satlantas Toraja Sosialiasi ke Pengendara Ojek (ist).

KabarMakassar.com -- Operasi keselamatan 2019 yang digelar oleh Polres Tana Toraja dari tanggal 29 April 2019 hingga 12 Mei 2019, mengendepankan tindakan preemtif dan preventif untuk mewujudkan kamseltibcar lantas yang promoter.

Kegiatan yang dulunya disebut Operasi Simpatik tersebut, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana tahun 2019 ini dilaksanakan pasca pelaksanaan Pesta Demokrasi Pemilu 2019 dan masuk di Bulan Ramadhan bagi Umat Islam sehingga kegiatan kepolisian ini diharapkan dapat menjadi Coolyng system dalam  pelaksanaan Pemilu serta dapat memberikan penerangan kepada masyarakat tentang pentingnya kamseltibcar lantas sebagai sebuah kebutuhan dasar. 

Bertempat di pangkalan pangkalan Ojek Kota Makale Kabupaten Tana Toraja, Kanit Dikyasa Aiptu Chairil T bersama Kanit Patroli Aiptu Azsary Elias melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi tentang pelaksanaan Operasi Keselamatan 2019 yang saat ini diselenggarakan oleh Polres Tana Toraja dengan  materi  Kamseltibcarlantas.

Kasat Lantas AKP Andi Tanri Abeng mengatakan, masyarakat harus menyadari pentingnya keselamatan agar menjadi kebutuhan dasar dalam berkendara. 

"Angka korban kecelakaan lalu-lintas tahun 2018 sebanyak 30.000 jiwa, sebagai sebuah indikator bahwa angka tersebut lebih besar dari korban akibat bencana, tindak pidana, terorisme dan kecelakaan lainnya. Sehingga keselamatan berkendara seharusnya  menjadi priotritas masyarakat," ucap Kasat lantas. AKP Andi Tanri Abeng.

Adapun sasaran utama Operasi Keselamatan 2019 yakni pengemudi di bawah umur, pengemudi melawan arus, pengendara motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi dan penumpang motor tidak gunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor mabuk karena penyalahgunaan narkoba/miras, berkendara sambil menggunakan handphone, berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan, kendaraan Bermotor yang tidak dilengkapi kaca spion, knalpot dan TNKB non standart, hingga kendaraan bermotor bak terbuka untuk angkut orang.

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Fritz Wongkar