Harga Bawang dan Cabai di Pasar Pinrang Meningkat Drastis

Harga Bawang dan Cabai di Pasar Pinrang Meningkat Drastis
Cabai (Int).

KabarMakassar.com -- Memasuki ramadhan sejumlah bahan komoditi di beberapa pasar tradisional di Pinrang Sulawesi Selatan kian meningkat drastis, bahkan kenaikannya hingga dua kalilipat.

Pasca pemerintah kabupaten Pinrang melakukan operasi pasar untuk memantau ketersediaan bahan pokok dan komoditi yang ada dibeberapa pasar di Pinrang. Salahsatunya pasar yakni Pasar Kampung Jaya Timur.

Namun pantauan KabarMakassar.com di lokasi, Rabu (8/5) jika hingga saat ini harga kian meroket dimana harga bawang putih, lombok hingga cabai meningkat drastis.

- Bawang Putih harga sebelumnya dari harga Rp.40.000,-/Kg menjadi Rp.60.000,-/Kg.
- Tomat harga sebelumnya dari harga Rp.5.000,-perkilo menjadi Rp.10.000,-perkilo.
- Lombok (cabe) harga sebelumnya Rp.5.000,- /gram menjadi Rp.13.000,-/gram.

Ditemui pasar Kampung Jaya Timur Pinrang, Tuti (38) mengaku jika setiap ramadhan bakal ada kenaikan harga, apalagi jelang lebaran idul fitri, harga normal jadi meningkat hingga dua kali lipat.

"Selalu begini kalau masuk bulan ramadhan akan ada bahan pokok yang naik, apa lagi kalau sudah dekat lebaran," kata Tuti. 

Sementara untuk minyak goreng dan terigu harga masih normal dan untuk gas 3 Kg harga pangkalan Rp.16.000, namun di warung atau penjual ecer harga bervariasi ada yang menjual Rp.20.000,-pertabung ada yang bahkan Rp.25.000,-pertabung.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Fritz Wongkar