Pisang Ijo, Menu Takjil yang Harus Ada Saat Berbuka

Pisang Ijo, Menu Takjil yang Harus Ada Saat Berbuka
Gambar Pisang Ijo (Int)

KabarMakassar.com -- Ramadhan bulan suci penuh berkah, ketika kita membahas tentang ramadhan ataupun berpuasa hal yang pertama terlintas adalah saat berbuka dengan berbagai macam menu yang menggugah selera.

Saat berbuka kebanyakan orang mencari takjil. Salah satu takjil andalan Makassar adalah pisang ijo. Pisang ijo atau es pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. 

Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.

Jadi, bagi yang penasaran untuk mencoba pisang ijo ini sendiri dirumah, yuk kita intip resepnya bersama!

Bahan-bahan Pisang Ijo
- 100 gram tepung beras 1/2 sendok teh garam 
- 8 buah pisang raja bulu 
- 100 gram tepung sagu 
- 100 gram gula pasir 
- 450 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa 
- 1/2 sendok teh air kapur sirih 
- 100 ml air suji yang diambil dari 4 lembar daun pandan dan 30 lembar daun suji
- 2 lembar daun pisang

Bahan untuk Saus/Kuah Pisang Ijo
- 10 gram maizena
- 2 lembar daun pandan
- 600 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa 
- 50 gram tepung beras
- 1/2 sendok teh garam
- 75 gram gula pasir

Bahan Pelengkap (Jika ada)
- 1.200 gram es serut 
- 400 ml sirup cocopandan

Cara Membuat Pisang Ijo

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan alat kukusan. Lalu kukus pisang yang sudah disiapkan sampai matang. Jika sudah matang, silahkan sisihkan terlebih dahulu.
 
2. Siapkan panci atau tempat memasak lainnya. Lalu masukan bahan-bahan seperti tepung beras, santan, tepung sagu, garam, air kapur sirih, air suji, pewarna makanan hijau muda dan gula.
 
3. Masak semua bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga meletup-letup. Jika sudah seperti itu, anda bisa langsung mematikan kompor.
 
4. Ambil adonan sebanyak  kurang lebih 100 gram. Lalu pipihkan  adonan tersebut di atas plastik. Ambil pisang yang sudah dikukus. Lalu letakan diatas adonan yang sudah dipipihkan tadi. Kemudian, bungkus pisang dengan menggunakan adonan membentuk pisang. 

5. Ambil daun pisang. Lalu beri adonan pisang. Kemudian bungkus. Sematkan dengan menggunakan lidi agar daun pisang tidak terlepas. 

6. Kukus di atas api sedang selama kurang lebih 30 menit atau hingga benar-benar matang. Jika sudah, anda bisa mendinginkannya.

7. Apabila sudah dingin, silahkan potong miring menjadi beberapa bagian. 

8. Cara membuat Saus Siapkan panci dan rebus semua bahan-bahan untuk saus hingga mendidih dan  kental. Setelah seperti itu, anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu. Tata pisang di atas mangkuk dan sajikan bersama dengan saus dan bahan pelengkap yang lainnya. Agar lebih spesial, anda bisa menambahkan kacang  tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan.

Selamat mencobanya di rumah ya ! selamat berpuasa dan berbukalah dengan yang manis agar puasa anda juga terasa manis.

Penulis : Redaksi

Editor : Nor Syakila