Terkendala Alat Perontok, Padi Petani Lutra Terancam Lewat Panen

Terkendala Alat Perontok, Padi Petani Lutra Terancam Lewat Panen
Musim panen telah tiba. Namun, sebagian petani di Luwu Utara masih resah lantaran padi yang harusnya sudah dipanen, sampai saat ini belum juga tersentuh alat perontok. Minggu (5/5) (Foto: Indah)

KabarMakassar.com -- Musim panen telah tiba. Namun, sebagian petani di Luwu Utara masih resah lantaran padi yang harusnya sudah dipanen, sampai saat ini belum juga tersentuh alat perontok. 

Padi di Desa Dandang, Kecamatan Sabbang Selatan misalnya, masih ada yang belum panen. Bahkan ada yang sudah memanennya dengan cara manual.

Saat dikonfirmasi beberapa saat lalu, Camat Sabbang Selatan, Fatmawati B, sudah mengetahui masalah yang dialami petani di Desa Dandang.

"Sudah ada alat dozer (combine harvester/alat mesin panen, red.) pertanian dari pemda, tapi tidak memungkinkan untuk mencakup semuanya, " ujarnya. 

Dari keterangannya, Camat pertama di Kecamatan Sabbang Selatan tersebut mengungkapkan bahwa sudah ada tiga alat perontok padi yang diturunkan pemerintah, yakni di Desa Pompaniki, Mari-mari, dan Kalotok. Sementara itu, Minggu (5/5) belum ada combine Harvester dari pemerintah Luwu Utara yang masuk ke Desa Dandang.

Penulis : Indah Sari

Editor : Prisatno