Perusda
Bank SUlsel Bar

5 Filosofi Yang diajarkan Hujan tentang Hidup

Filosofi Hujan

on 11/3/18 Oleh Indrawan
5 Filosofi Yang diajarkan Hujan tentang Hidup
Foto: Ilustrasi

KabarMakassar.com --- Turunnya hujan bukan hanya sekedar membasahi bumi, akan tetapi hujan yang turun sebenarnya memiliki makna filosofi hidup yang bisa kita petik. 

Banyak yang menganggap bahwa hujan adalah anugerah yang diberikan oleh sang pencipta, akan tetapi tidak sedikit juga manusia menganggap bahwa kedatangan hujan membawa duka. Contohnya saja banjir di ibukota Indonesia yang setiap tahunnya.

Namun diantara banyaknya tanggapan tentang keberadaan hujan, berikut filosofi hujan yang tidak banyak diketahui oleh orang, di kutip dari IDM Times


1. Meski jatuh berkali-kali, hujan tak pernah menyerah

Pernahkah kita sadar bahwa hujan itu turun dan jatuh terus. Dari hal itu kita bisa belajar bahwa hujan tetap mencoba meskipun jatuh berkali-kali. Hujan terus menerus turun dari langit tanpa menyerah dan itu bisa menjadi pelajaran yang bagus bagi kita . Hujan mengajarkan harus selalu kuat dan tabah untuk mencapai sesuatu.

2. Hujan bisa memberi rasa dingin
Setelah seharian terkena panas matahari dan sore hari menjadi hujan Cuaca menjadi berubah dan hawa menjadi dingin dan nyaman untuk beristirahat. Ketika kita menyadari kedatangan hujan memberikan rasa tentram. Sama halnya ketika marah hujanengajari kita untuk menahan emosi dan lebih bersifat santai menghadapi sesuatu.

3. Hujan juga bisa marah, ketika manusia tidak ramah
Seperti manusia hujan yang juga bisa marah. Ketika manusia tidak peduli lagi dengan lingkungan sekitar. Hujan turun dengan derasnya yang terkadang membawa bencana. Hal ini menjadi koreksi bagi kita untuk menjaga lingkungan yang kita tempati.

4. Bau hujan menyenangkan, sederhana dan menenangkan

Banyak yang tidak sadar bahwa saat hujan turun ke bumi dan membasahi tanah, maka aroma hujan akan tercium. Baunya sangat menyegarkan dan itu adalah bau hujan. Di dalam hidup, sebaiknya kita belajar untuk menjadi orang yang menyenangkan. Semua orang pasti merasa senang dengan sifat-sifat orang yang menyenangkan.

5. Hujan hadir memberi kesejukan di bumi

Meskipun hujan kadang tidak datang, tetapi kedatangan hujan sangat penting. Hujan turun untuk memberikan kesejukan bagi kehidupan manusia di bumi. Sebaiknya kita belajar seperti hujan yang datang dan muncul untuk membawa dan berbagi rasa senang.

Dari beberapa penjelasan tentang kehadiran hujan di bumi, kita dapat simpulkan bahwa hal sekecil hujan pun kita bisa belajar memaknai hidup. Semoga dengan hadirnya hujan bisa menjadi pelajaran yang berarti bagi kita semua.