Menpan RB: Arsip Nasional Harus Sesuaikan Perkembangan Teknologi

Menpan RB: Arsip Nasional Harus Sesuaikan Perkembangan Teknologi
Menpan RB, Syarifuddin (Foto: Isak Pasa'buan/KabarMakassar.com).

KabarMakassar.com -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, menyebutkan bahawa di era sekarang ini, dimana perkembangan teknologi yang begitu canggih maka dari itu arsip nasional harus segera di sesuaikan.

"Sekarang ini di jaman teknologi yang begitu canggih, tentu arsip nasional harus cepat menyusuaikan data dan itu sudah di lakukan dan sangat menggembirakan," ujar Syafruddin usai menghadiri acara Rakornas Kearsipan Tahun 2019 di The Rinra Hotel Makassar, Kamis (25/4).

Syafruddin menyampaikan, banyak negara besar telah beradaptasi dengan menerapkan teknologi dalam sistem pemerintahannya, mengingat teknologi telah mengubah tata kelola administrasi pemerintahan, untuk itu  Indonesia juga harus memberlakukan itu.

"Arsip ini tidak bisa dipisahkan lagi dari peradaban manusia, khususnya teknologi," terangnya.

Maka dari itu Syafruddin, menekankan bahwa tidak akan ada lagi secuil asip yang hilang, karena sebua negara bisa di kenal, bisa dihargai karena dokumen-dokumenyanya tersimpan dengan baik.

Lanjut dikatakan bahwa indonesia termasuk pernah mengalami imperium sebelum kemerdekaan, imperium besar di jaman Sriwijaya dan Majapahit itu harus di tata, jangan ada lagi secuil kehilangan.

"Imperium apapun di dunia ini, itu karena kearsipannya baik ditata sedemikian rupa sehingga bisa membuat catatan sejarah atau histori yang besar," sambungnya.

Syafruddin berjanji akan membenahi dan mempermoderen  tingkat sumber daya manusianya agar betul-betul penanganan arsip ini tidak di sepelehkan lagi melainkan dijadikan sesuatu yang besar.
 

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Fritz Wongkar