Pa'piong Cita Rasa Turun Temurun Toraja

Pa'piong Cita Rasa Turun Temurun Toraja
Makanan Khas Toraja, Pa'piong (Foto : Int)

KabarMakassar.com -- Toraja adalah salah satu destinasi yang wajib dituju saat berencana untuk berkeliling Indonesia, karena memiliki kekayaan seni dan budaya yang tidak ada habisnya.

Selain itu masyarakat di Tana Toraja juga masih banyak melakukan tradisi demi tradisi yang menjadi turun temurun nenek moyang, salah satunya adalah cita rasa dari makanan khas toraja yang bernama Pa’piong.

Pa’piong adalah salah satu makanan khas Sulawesi Selatan, yang merupakan makanan kebangsaan bagi masarakat Toraja.

Uniknya makanan ini disajikan didalam batang bambu yang berukuran cukup besar cara masaknya cukup letakkan pada bara api yang menyala selama 1 hingga 2 jam lamanya.

Pa,piong biasa di hidangkan pada acara-acara besar masyarakat setempat seperti Rambu Solo atau Rambu Tuka.

Rempah pada pembuatan makanan ini pun cukup sederhana, diantaranya cabai, bawang merah, bawang putih, garam, ajinomoto, potongan jahe, dan juga batang serai.

Yang menjadikan kuliner ini unik adalah pada teknik memasaknya, dengan menggunakan bambu sebagai media yang kemudian langsung diletakan pada bara api yang menyala selama 1 hingga 2 jam lamanya.

Setelah bumbu tersedia, kemudian ikan mas yang sudah di potong kecil- kecil dicampur dengan bumbu lalu di masukan pada batang bambu beruas 8 hingga 10 centimeter. Makanan ini sepintas mirip dengan Pantollo. bisa juga mengganti ikan dengan daging ayam atau pun sapi sesuai dengan selera.

Tak hanya itu masyarakat setempat juga biasa menyajikan makanan ini bersama dengan nasi hangat, sayur bulunangko, mayana, dan burak atau pohon pisang muda.

Untuk kamu yang penasaran dengan makanan dengan cita rasa gurih, sedikit pedas dan legit ini kamu bisa berkunjung ke Tana Toraja dan Toraja utara.

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Nor Syakila