Baru, Proyek Rontgen Portable dari Mesin Pencari Bintang

Baru, Proyek Rontgen Portable dari Mesin Pencari Bintang
Ilustrasi (Int)

KabarMakassar.com -- Sebuah studi dari Inggris menemukan sebuah teknologi baru mesin rontgen portabel yang mana berasal dari mesin pencarian bintang dan diolah menjadi mesin pendeteksi penyakit kanker.

Badan Antariksa Inggris menjadi yang pertama untuk mendanai proyek terobosan teknologi tersebut berdasarkan studi dimuat laman Mirror, Selasa (9/4).(Sumber Liputan6.com jaringan KabarMakassar.com)

Rp 18 miliar dana yang disiapkan untuk mengembangkan mesin rontgen portabel berbasis dari teknologi pencarian bintang.

Tony Young, direktur klinik nasional NHS Inggris, mengakui kalau pihaknya sudah lama menginginkan teknologi astronomi bisa diimplementasikan ke ranah kesehatan, khususnya penanganan dan diagnosis kanker.

"Menggunakan teknologi pencarian bintang untuk mendeteksi keberadaan kanker adalah inovasi terbaru yang membantu kami untuk mendiagnosis lebih cepat dan menyiapkan rencana jangka panjang yang bisa membantu setengah juta populasi," kata Young.

Para ilmuwan berharap kalau mesin ini akan membantu dokter mengetahui lebih detail terkait area di mana tumor tumbuh, sehingga mereka bisa memberikan diagnosis lebih mudah dan perawatan lebih efektif.

Mesin rontgen berbasis teknologi pencarian bintang tersebut, merupakan salah satu dari empat proyek besar yang didanai Badan Antariksa Inggris.

Adapun sisa proyeknya, akan diumumkan pada beberapa minggu ke depan.

Penulis : Redaksi

Editor : Nor Syakila