Hak Jawab Wakil Bupati Tana Toraja Terkait Kasus Jurnalis Andarias

Hak Jawab Wakil Bupati Tana Toraja Terkait Kasus Jurnalis Andarias
(ilt)

KabarMakassar.com -- Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara memberikan hak jawabnya terkait dengan laporannya ke polisi terhadap jurnalis KabarMakassar.com, pada Selasa 26 Maret 2019 lalu. 

Dimana Wakil Bupati memberikan pesan singkat ke redaksi KabarMakassar.com mengklarifikasi soal apa yang dilakukan terhadap jurnalis Kabar Makassar di Toraja, sehingga berujung pelaporannya ke Polres Tana Toraja.

Berikut Hak Jawab dan klarifikasi yang diterima KabarMakassar.com, Kamis (28/3),

Kepada Yth. 

Pimpinan Redaksi Media Kabar Makasar

Di

Makasar

Perihal : Hak Jawab / Klarifikasi

Dengan hormat ,

Berkenan dengan berita kabar Makasar atas kejadian yang dialami Andarias P terkait dengan laporan polisi yang kami lakukan maka perlu kami jelaskan beberapa hal.

1. Bahwa saudara Andarias P oknum wartawan yang bekerja pada media yang yang bapak pimpin telah melakukan kegiatan diluar penugasan sebagai jurnalis, bukannya menulis berita tetapi malah membagikan foto yang meremehkan dan melecehkan saya melalui salah satu akun facebook grup komunitas Toraja, yang  bersangkutan ternyata  menjadi sumber data dan foto akun An .  
Sanda Bunga Aisyah yang dalam beberapa postingannya telah membuli dan memfitnah saya dan keluarga.

2. Bahwa pada Selasa 26 Maret 2019 terjadi tindakan yang menurut bapak adalah pelanggaran terhadap UU pers perlu saya jelaskan ,  saat saya panggil dengan baik - baik  sdr Andarias untuk menanyakan foto saya kenapa  disebar dan dibagikan, terlihat yang bersangkutan  berusaha untuk menghapus sehingga spontan ada tindakan dari beberapa orang yang ada di sekitar tempat dimana saya ada saat itu ,  untuk mencegat dan merampas handphonenya karena mereka berpikir jangan sampai ada upaya untuk menghapus data dan foto.

3. Bahwa anggapan adanya intimidasi atau bentuk lain yang bapak maksud sama sekali tidak ada, aksi yang terjadi saat itu  berupa gertakan dan kata  yang bernada keras itu hanya tindakan spontan saja dari beberapa orang yang tidak lain mereka itu adalah keluarga saya sendiri yang emosi melihat tingkah laku saudara Andarias P. Yang berusaha menghapus chatingan antara dia dan Sanda Bunga Aisyah.

4. Klarifikasi ini saya ajukan dan sampaikan sebagai hak jawab atas pemberitaan dengan judul 'Beritakan Wakil Bupati, Jurnalis Toraja Ditahan'  yang ditayangkan media kareba Makasar yang seolah olah laporan saya ke polisi ada kaitannya dengan klarifikasi laporan pelanggaran kampanye yang didalamnya saya ikut dimintai keterangan itu tidak benar dan tak ada hubungannya. Sekali lagi sama sekali tak ada kaitannya. 

Sebenarnya sebelum pemeriksaan di Bawaslu saya justeru mengundang beberapa teman media untuk meliput dan salah satunya adalah saudara Andarias P.
 Saya dimintai klarifikasi atas tuduhan melakukan kampanye mendukung pasangan caprescawapres 01 ( Jokowi - Ma'ruf ) , dan caleg golkar Nurlia Batara ( istri saya ) serta Sarwyndy Biringkanae ( putri dari Nico Biringkanae ) yang disertai adanya tindakan intimidasi. 

Namun pada kenyataannya,  yang bersangkutan  bukannya meliput untuk membuat berita. 
Justeru saudara Andarias P membagikan foto ke akun Sanda Bunga Aisyah untuk membuli saya dan keluarga. 

Untuk diketahui akun an Sanda Bunga Aisyah itu sudak sejak lama meresahkan karena postingannya di facebook yang mengandung unsur  SARA dan provokatif serta hinaan terhadap pejabat di daerah termasuk bupati Tana Toraja Nico Biringkanae baik secara pribadi maupun keluarganya.

5 . Sdr Andarias P dalam kapasitas sebagai pribadi bukan sebagai jurnalis kami laporkan ke polres Tana Toraja karena keberadaannya sebagai sumber yang  patut diduga telah menjadi salah seorang informan dari akun Sandabunga Aisyah yang telah beberapa kali memfitnah melalui sejumlah postingannya. Laporan tersebut kami harap untuk membantu pihak kepolisian menyelidiki dan mencari siapa sesungguhnya pemilik akun sandabunga aisyah yang cukup meresahkan itu. 

Sdr Andarias P dalam menjalankan tugas tugas kewartawanannya di Toraja  tetap kami dukung , kami berharap atas data dari dia polisi bisa mengungkap akun yang memang kerap menimbulkan kegaduhan.

6. Berkenan atas klarifikasi dan hak jawab saya sampaikan sebagai wujud ketaatan saya terhadap UU Pers, dan atasnya  saya ucapkan terima kasih.

Makale 28 Maret 2019

Hormat saya


Victor Datuan Batara SH

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar