Bawaslu Sulsel Gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019

Bawaslu Sulsel Gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulsel menggelar apel siaga pengawas pemilu 2019 di Palantikang, Kabupaten Maros, Senin (8/4).

KabarMakassar.com  -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulsel menggelar apel siaga pengawas pemilu 2019 di Palantikang, Kabupaten Maros, Senin (8/4). Dimana apel siaga tersebut dihadiri pengawas pemilu dari tingkat daerah hingga pusat.

Selain itu Panwas Pemilu 2019 dari 14 Kecatam di Maros pun turut serta dalam apel siaga tersebut yang dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel H. Laode Arumahi, Bupati Maros Hatta Rahman, Ketua DPRD Maros H. As Chaidir Syam, Kapolres Maros, Kejaksaan Negeri Maros, serta Ketua KPU 
Maros serta LSM Perak yang juga masuk dalam lembaga pemantau.

Selain itu hadir juga 42 komisioner Panwascam, 103 Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa (PPKD) dan 1.042 Pengawas TPS. Tidak hanya itu hadir anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Prof Muhammad.

Anggota DKPP Prof Muhammad mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan apel siaga yang dilaksanakan oleh Bawaslu Maros dan akan melaporkan kegiatan tersebut ketika sudah ada di Jakarta nantinya. Karena tidak semua daerah melakukan hal seperti itu.

Apalagi lanjut Prof Muhammad mengatakan, Bawaslu Kabupaten Maros menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) untuk melindungi 1.328 petugas pengawas Pemilu se-Kabupaten Maros.

"Ini menunjukkan kepedulian Bawaslu dan jadi bukti BPJS-TK tidak hanya melindungi tenaga kerja formal tetapi semua bentuk pekerjaan, termasuk petugas pengawas Pemilu," kata anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Dr Muhammad di Lapangan Pallantikan, Kabupaten Maros, Senin (8/4).

Ia mengatakan, selama menjadi Ketua Bawaslu RI selama lima tahun, baru kali ini ada pengawas dilindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Saya saja hanya dilindungi jaminan kesehatan bukan ketenagakerjaan. Untuk itu saya akan menyampaikan hal ini kepada bapak Presiden dan Kemendagri atas kejadian hari ini," ujarnya.

Ribuan personel yang memenuhi lapangan Pallantikang, menyatakan siap dan siaga mengawasi penyelenggaraan Pemilu kali ini, karena semakin dekat pemilihan semakin naik juga tensi politik bangsa.

Penulis : Mirwanto

Editor : Redaksi