Gunakan Drone, Lutra Siap Distribusi Obat dan Vaksin Di Wilayah Terpencil

Gunakan Drone, Lutra Siap Distribusi Obat dan Vaksin Di Wilayah Terpencil
Wakil Bupati Luwu Utara, Thahar Rum, (Int).

KabarMakassar.com -- Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, menyambut baik rencana Pemerintah Pusat untuk menjadikan negara Indonesia sebagai Pilot Project Drone untuk Distribusi Obat dan Vaksin. 

“Ini langkah yang sangat baik dan sebuah terobosan,” kata Thahar usai Rapat Pembahasan Pilot Project Drone untuk Distribusi Obat dan Vaksin, Selasa (2/4).

Menurut Rum, penggunaan pesawat tanpa awak tersebut, diharapkan bisa mengatasi masalah kebutuhan obat-obatan darurat, sehingga mampu menekan angka kematian di Indonesia. 

“Dengan menggunakan drone, bisa lebih cepat sampai dan biayanya murah,” lanjut Thahar. 

Sebelumnya, Andi Sudirman Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) ketika menghadiri Presentasi Hasil Sementara Studi Kelayakan Pemanfaatan Teknologi Drone Dalam Bidang Kesehatan Provinsi Sulsel beberapa waktu lalu mendorong pengiriman darah dan vaksin ke daerah terpencil, salah satunya adalah daerah di Kabupaten Luwu Utara. 

Di wilayah Luwu Utara, masih terdapat daerah yang terisolasi, di antaranya Seko, Rampi, dan Rongkong. “Kita juga dapat dengan mudah membantu kebutuhan masyarakat dan dapat menekan angka kematian ibu yang membutuhkan darah maupun sementara melahirkan,” tuturnnya dalam presentasi yang juga dihadiri oleh Bupati Indah Putri Indriani.

UNICEF sudah terlebih dahulu menanfaatkan  drone untuk mengirimkan vaksin ke wilayah terpencil. Badan PBB untuk anak-anak tersebut mengirim vaksin ke wilayah terpencil di Vanuatu.

Penulis : Indah Sari

Editor : Fritz Wongkar