Melawan Hoax dengan Cek Fakta

Melawan Hoax dengan Cek Fakta
Foto: Ilustrasi (INT)

KabarMakassar.com -- Dua April 2019 merupakan hari istimewa buat gerakan cek fakta di tanah air. Hari ini merupakan International Fack checking Day yang diperingati secara global. 

Kami bersyukur KabarMakassar members KGI Network telah menjadi bagian gerakan cek fakta ditanah air, yang sejak mei 2018 menjadi salah satu media dan berbagai organisasi di Jakarta yang ikut menginisiasi, mendeklarasikan serta menjadi anggota aktif cek fakta.com. 

Sejak setahun lalu, KabarMakassar.com bahkan sudah menyiapkan satu kanal khusus Cek Fakta Makassar, dalam portal KabarMakassar, yang sekarang diikuti secara bersama di seluruh jaringan KGI Network. 

Tim cek fakta Makassar bahkan sejak agustus 2018 telah meneken sebuah nota kesepahaman dengan Pemerintah kota Makassar untuk melaksanakan sebuah gagasan bersama memerangi hoax di Makassar. MOU itu hingga hari-hari ini terus ditindak lanjuti dengan pelatihan-pelatihan cek fakta baik di newsroom maupun di lingkungan pemerintahan kota Makassar. 

Selain itu kabarmakassar selalu berusaha  terlibat dalam kolaborasi cek fakta live debat presiden 2019, dengan mengirimkan tim ke kantor Google Indonesia di Jakarta.

cekfakta.com adalah sebuah sebuah proyek kolaboratif pengecekan fakta yang dibangun di atas API Yudistira oleh MAFINDO ( Masyarakat Anti Fitnah Indonesia ) dan bekerja sama dengan beberapa media online yang tergabung di AJI ( Aliansi Jurnalis Independen ) dan AMSI ( Asosiasi Media Siber Indonesia ) serta didukung oleh Google News Initiative dan Internews serta FirstDraft.

cekfakta.com pertama kali diluncurkan di acara ‘Trusted Media Summit 2018’ yang diadakan di Jakarta pada Sabtu, 5 Mei 2018 setelah penandatangan MOU oleh 22 Pemred dan Ketua Mafindo.

Sebagai bagian dari gerakan ini, kita berharap media sebagai salah ujung tombak dari gerakan cek fakta akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam perang melawan Hoax. 

Semoga apa yang telah dilakukan secara bersama selama ini menjadi bagian penting dari upaya menjaga jurnalisme itu sendiri. 

Penulis : Redaksi

Editor : Redaksi