Pelaku UKM Dibekali Pengetahuan Pemasaran Produk  Lewat Digital

Pelaku UKM Dibekali Pengetahuan Pemasaran Produk  Lewat Digital
Seminar Kewirausahawan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN-E Universitas Fajar (Unifa) untuk pelaku UKM dibekali pengetahuan Pemasaran Produk  Lewat Digital, Minggu (31/3).(Foto : Isak Pasa'buan)

KabarMakassar.com-- Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) se-Kecamatan Manggala  mengikuti seminar kewirausahaan yang difasilitasi oleh Mahasiswa KKN-E Universitas Fajar (Unifa). Peserta dibekali pengetahuan terkait pengembangan produk melalui digital di Aula PKK Kecamatan Manggala. Minggu (31/3).

Pelaku UKM sekarang lebih mudah untuk memasarkan produknya. Apalagi sudah banyak alat dan aplikasi yang tersedia.

“Ada empat alat yang bisa dipakai untuk mendigitalkan usaha. Ada google bisnisku, website, sosial media, dan google ads,” ujar Sam Winaldi Junaib selaku pemateri dari Gapura Digital. 

Di era serba digital ini, konsumen mulai beralih ke online. Pelaku UKM juga dituntut untuk mengikuti arus konsumen. Menurut Sam Winaldi Junaib, hal itu terjadi karena belanja online lebih mudah. Proses mencari barang lebih gampang. Ketimbang belanja offline, kita harus berpindah-pindah toko untuk mencari harga yang cocok.

Peran digital sangat membantu untuk memasarkan produk. Tidak hanya menjangkau konsumen di dalam negeri, konsumen luar negeri pun sangat mudah dijangkau.

"Aksesoris kerang saya sudah sampai Singapura, konsumen terjauh saya dari Turki dan Thailand. Saya memasarkannya melalui facebook," ujar Lina, pelaku UKM aksesoris dari kerang yang berasal dari Batua. 

Pelaku UKM yang sudah melek digital juga harus punya kreativitas dalam memasarkan produk secara online.

“Kita jualan, tapi kayak tidak jualan. Maksudnya, pada saat produk dipasarkan, kita harus pintar-pintar membuat caption. Buat pembaca bisa tersentuh  dengan tulisan kita," papar Novita Kumalasari Sutopo selaku Founder Growing Project 

"Contohnya jualan aksesoris kerang Ibu Lina. Ibu, harus ceritakan bagaimana kerang-kerang itu didapatkan. Jika ada konsumen tertarik dan bertanya di kolom komentar, ibu harus melayani sekaligus menjadi konsultan dalam memberikan tips menjaga aksesoris dari kerang supaya awet," tambah Novita memberikan tips.

 

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Nor Syakila