CEK FAKTA: Jokowi, Indonesia Negara Penduduk Islam Terbesar Di Dunia

CEK FAKTA: Jokowi, Indonesia Negara Penduduk Islam Terbesar Di Dunia
Calon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo menjelaskan visi misinya saat Debat Kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). (Foto: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO).

KabarMakassar.com -- Debat kandidat Capres ke-empat yang digelar di Hotel Sangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). Dalam Segmen ke-3 Joko Widodo mengatakan jika Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk islam terbesar di dunia.

"Di forum internasional selalu saya sampaikan Indonesia adalah negara penduduk muslim terbesar karena banyak yang belum tahu posisi kita itu," kata dia dalam Debat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).

Jokowi mengatakan dalam debat tersebut jika tercatat Indonesia memilik penduduk beragama Islam terbesar di dunia.

Hasil Cek Fakta:

Dalam laporan Pew Research, sebuah lembaga riset global, mencatat pada 2010 Indonesia memang menempati urutan teratas sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di Dunia. 

Pada tahun itu tercatat 209,1 juta jiwa lebih penduduk Indonesia merupakan muslim. Posisi kedua adalah India dengan jumlah 176,2 juta jiwa, disusul oleh Pakistan dan Bangladesh yang menempati urutan ketiga dan keempat. 

Sedangkan Nigeria berada di posisi lima besar. Namun, formasi negara-negara dengan penduduk muslim terbesar diperkirakan akan mengalami perubahan signifikan. Pew Research dalam laporannya memperkirakan pada 2050, India justru akan menjadi negara dengan penduduk atau populasi muslim terbesar dunia dengan jumlah 310,6 juta jiwa. Indonesia justru diperkirakan akan berada di peringkat ketiga dengan populasi 256,8 juta jiwa, atau di bawah Pakistan yang menyodok ke posisi kedua. 

Jumlah itu tentu sangat besar bila dibandingkan dengan total penduduk Indonesia saat ini yang pada tahun lalu sekitar 258,7 juta jiwa. Jumlah penduduk yang besar ini sering juga menjadi kebanggaan termasuk Presiden Jokowi. 

“Besar, bukan hanya karena jumlah penduduknya yang lebih dari 250 juta jiwa. Besar, bukan hanya karena memiliki 17 ribuan pulau.” Jokowi juga mengatakan Indonesia tak hanya besar dari sisi penduduk tapi memiliki keragaman budaya yang sangat banyak jumlahnya. 

Berdasarkan buku ensiklopedia suku bangsa di Indonesia dan merujuk pada buku pedoman pengolahan SP2010, jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia secara keseluruhan mencapai lebih dari 1.300 suku bangsa. 

Sementara data statistik populasi Muslim telah tumbuh signifikan dibanding agama-agama lainnya di dunia. Jumlah muslim yang menghuni 23,4 persen dari populasi dunia, diprediksi akan menyentuh 60 persen memasuki 2070.

Indonesia di Asia Tenggara ini disebut sebagai tanah dengan populasi Muslim tertinggi. Persentase Muslim Indonesia mencapai hingga 12,7 persen dari populasi dunia. Dari 205 juta penduduk Indonesia, dilaporkan sedikitnya 88,1 persen beragama Islam.

Referensi:

- https://tirto.id/benarkah-ri-negara-dengan-penduduk-muslim-terbesar-dunia-cuGD
- https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/05/27/noywh5-inilah-10-negara-dengan-populasi-muslim-terbesar-di-dunia

Kesimpulan: 

Pernyataan Joko Widodo ada benarnya jika Indonesia negara penduduk muslim terbesar dengan Persentase Muslim Indonesia mencapai hingga 12,7 persen dari populasi dunia. 
 

Penulis : Tim Cek Fakta Kabar Makassar

Editor : Fritz Wongkar