Wakil Bupati Tator Penuhi Panggilan Bawaslu Terkait Rekaman

Wakil Bupati Tator Penuhi Panggilan Bawaslu Terkait Rekaman
Wakil Bupati, Victor Datuan Batara saat diperiksa di Bawaslu Tana Toraja, Selasa (26/3), (Foto: Andarias/KabarMakassar.com).

KabarMakassar.com -- Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara akhirnya memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tana Toraja terkait video rekaman yang diduga menyalahgunakan wewenangnya, untuk memenangkan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di wilayahnya. 

Victor Datuan Batara (VDB) diduga telah mengintimidasi sejumlah kepala Lembang, kepala Lurah, dan RT/RW yang dikumpulkan di salah satu rumah warga, 10 Maret pekan lalu, dimana rekaman suara yang diduga mirip suara Wakil Bupati tator dilaporkan oleh Gerakan Solidaritas Mahasiswa Toraja (Gasmator), pada Kamis (14/3) lalu. 

Victor diperiksa olehSentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang tergabung dalam kepolisian, kejaksaan, dan Bawaslu Tana Toraja bersama dengan beberapa staf lainnya  di kantor Bawaslu Tana Toraja di Kecamatan Makale, Kelurahan Kamali Pentalluan. 

Sementara itu Ketua Bawaslu Tana toraja, Sernita Pindan mengatakan jika Wakil Bupati Tana Toraja di panggil untuk klarifikasi laporan masyarakat terkait dengan rekamannya yang memerintahkan kepala lembang untuk memenangkan Sarwindy, Caleg Partai NasDem di Dapil 10 DPRD Sulsel. Serta Nurliah Caleg Golkar yang juga merupakan istrinya sendiri.

"Ini sudah panggilan ketiga yang dipenuhi Wakil Bupati, Victor Datuan Batara. Ia datang mengklarifikasi soal rekaman tersebut, untuk dikumpulkan bukti-buktinya," kata Sernita kepada KabarMakassar.com, Selasa (26/3).

Dan saat ini pihak Bawaslu Tator sementara memeriksa puluhan kepala lembang dan beberapa kepala kampung. 

"Soal rekaman itu sampai saat ini saya belum bisa pastikan apakah rekaman itu editan atau tidak," tambah Ketua Bawaslu tator.

Lanjut Sernita Pindan setelah melakukan pemeriksaan maka bawaslu mengumpulkan mengambil langkah-langkah untuk mengumpulkan bukti-bukti. 

"Soal jumlah kepala lembang yang di periksa saya sudah lupa, berapa jumlahnya yang pastinya sudah sampai puluhan kepala lembang yang kami sudah periksa," tambahnya.

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Fritz Wongkar