Kominfo Makassar Gelar Forum Jurnalistik Undang Pemateri Senior

Kominfo Makassar Gelar Forum Jurnalistik Undang Pemateri Senior
Forum Jurnalistik dan Organisasi Perangkat Daerah yang di gelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar di Hotel Aston Makassar, Selasa (19/3).

KabarMakassar.com -- Seluruh Humas di lingkup Pemerintahan Kota Makassar dan beberapa mahasiswa ikut terlibat dalam Kegiata Forum Jurnalistik dan Organisasi Perangkat Daerah yang di gelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar di Hotel Aston Makassar, dalam forum ini yang di bahas adalah perkembangan dunia kehumasan di era revolusi industri 4.0, Selasa (19/3).

Dalam seminar ini menghadirkan dua pemerhati media, yakni Upi Asmaradhana yang juga merupakan Founder dan CEO PT Kabar Group Indonesia serta Arqam Azikin, selaku akademisi dan pengamat komunikasi.

Asisten Bidang Pemerintahan Kota Makassar, Andi Azis Hasan yang hadir dalam kegiatan ini selaku perwakilan dari Pemerintah Kota Makassar, mengatakan jika kegiatan ini sangat bagus pasalnya tidak sembarang orang yang bisa menjalankan tugas-tugas kehumasan.

"Saya katakan bahwa mereka itu orang-orang terpilih tidak sembarag yang bisa menjalankan fungsi kehumasan,"ucapnya saat di wawancara.

Andi Azis menghibau jika sesudah kegiatan ini tidak ada lagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak terbuka dalam memberikan data informasih terkait dengan apa yang dilakukan oleh setiap SKPD/OPD masing-masing, dan tidak boleh lagi ada yang menutup-nutupi kegiatan yang dilakukan.

"Ini bisa jadi pembelajaran bagi kita karena memberikan informasi yang apa adadanya yang seharusnya kepada media-media. Tidak boleh lagi ada SKPD dan OPD yang menutup-nutupi informasi apalagi yang terkait dengan program kegiatan rapat anggaran," tegasnya.

Upi Asmaradhana yang turut hadir dalam acara ini sebagai narasumber mengatakan jika forum ini sangata baik dimana bisa menjembatani kegitan-kegiatan kehumasan dan disisi lain ini tempat pembelajaran sekaligus silaturahmi antar humas dan rekan-rekan media.

"Jadi saya pikir forum ini adalah forum yang sangat baik untuk bersilaturahmi antara humas dan teman-teman media itu sendiri. Kegiatan ini penting buat menjembatani antara kepentingan humas dan menjalankan fungsi-fungsi media pada umumnya," ungkapnya.

Lanjut Upi, jika di era yang sekarang ini adalah eranya kolaborasi dimana humas memahami fungsi jurnalis dan jurnalis memahami fungsi-fungsi humas.

"Jadi berkolaborasi yang baik tetapi tetap pada koridor-koridor yang bisa membatasinya menjadi independesi sehingga wartawan juga tidak terurusi dan peran humas ini juga bisa terlakasana dengan baik," Kata Upi Asmaradhana juga di kenal sebagai wartawan senior.

Sementara itu, Arqam Azikin berharap kepada seluruh praktisi humas pemerintah untuk bisa membangun sistem informasi yang terkoneksi dengan humas-humas yang ada di setiap instansi pemerintah.

“Perkembangan dunia informasi sangat jauh berubah sejak era digital tiba. Humas sudah harus bisa membangun kolaborasi dan jaringan baik dengan wartawan, maupun dengan pekerja humas lainnya di setiap organisasi pemerintahan. Jika jaringan ini berhasil di bentuk, tentu saja keterbukaan informasi publik yang transparan dan kredibel mampu tercipta sekaligus menghadirkan kepercayaan publik terhadap pemerintah," tutupnya.

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Fritz Wongkar