IGI Kunjungi Pemprov Tawarkan Aturan Khusus Pendidikan

IGI Kunjungi Pemprov Tawarkan Aturan Khusus Pendidikan
Ketua IGI Saat Diwawancara (Gambar : Mirwanto )

KabarMakassar-- Pemerintah provinsi Sulsel melalui Andi Sudirman menerima kunjungan Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Baruga Lounge (14/3), terkait pembahasan problem-problem pendidikan yang dianggap urgential dan akan jadi prioritas bersama.

Dalam kunjungan tersebut pihak IGI yang di ketuai Muhammad Rafli Rahim menyampaikan beberapa harapan para guru ke pemerintah akan adanya aturan tentang perlindungan guru.

Ia menawarkan agar Peraturan daerah (Perda) tentang aturan khusus pendidikan dan tak berlaku umum.

Jadi menurutnya alangkah idealnya kalau ada RUU sekokah dan bisa juga Sulsel jadi file Project bagi kota-kota lain.

Karena selama ini aturan akan wilayah wewenang pendidik dalam mendidik siswanya masi kabur, contoh : apakah guru boleh mencubit atau mencukur rambut siswa itu boleh atau tidak yang dianggap masih belum jelas aturannya.

Ada beberapa aturan yang jadi rekomendasi IGI ke pemprov untuk diteruskan ke pemerintah pusat seperti model komunikasi orang tua dengan guru seperti apa dan yang boleh masuk kesekolah itu siapa saja.

Selain aturan khusus pihak IGI juga membahas tentang banyaknya mata pelajaran disekolah- sekolah seperti di lingkup SMA siswanya 50 butuh 16 guru mata pelajaran di SMP pun sama jumlah siswa 50 butu 12 guru mata pelajaran, sehingga dampaknya  siswa kita tahu banyak hal tapi tidak mendalam dan itu juga jadi problem yang ingin kita carikan solusinya, tambahnya.

Penulis : Mirwanto

Editor : Nor Syakila