Rospita Napa: Saya Tidak Pernah Setujui Wisata Halal di Toraja

Rospita Napa: Saya Tidak Pernah Setujui Wisata Halal di Toraja
Plt Kadis Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa Biringkanae (Foto: Andarias Padaunan/KabarMakassar.com).

KabarMakassar.com -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Tana Toraja memnggil istri Bupati Tana Toraja, Rospita Napa Birngkanae, hal tersebut sekaitan dengan polemik wisata halal yang bakal diterapkan di Tana Toraja. Dimana istri bupati juga merupakan pelaksana tugas (plt) Kadis Pariwisata Tator.

Ketua Komisi 1 DPRD Tator, Selmi Sattu menegaskan bahwa di Tana Toraja ini kita di kenal karena kearifan lokal dan budaya kita. 

"Kami dari komisi 1 DPRD Tana Toraja hari ini memanggil Dinas Pariwisata, untuk menyikapi aspirasi yang berkembang di tengah-tengah Masyarakat Tana Toraja, terkait dengan wacana penerapan konsep wisata halal yang di rencanakan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Yang menimbulkan ke resahan di tengah masyarakat," Kata Selmi Sattu, Jumat (15/3).

Selmi menegaskan jika DPRD Tator tegas menolak, konsep wisata halal yang di wacanakan akan di perlakukan di Tana Toraja. 

Terpisah dengan Plt Kadis Pariwisata, Rospita Napa Biringkanae justru membantah keras terkait dengan berita yang ada di media baik media cetak mau pun media online yang menyatakan bahwa Dinas Pariwisata Tator menyetujui konsep wisata halal di Toraja. 

"Saya tidak pernah mengeluarkan pernyataan menerima konsep wisata halal yang di sampaikan di media sosial bahwa dines pariwisata Kabupaten Tana toraja mendukung pemberlakuan atau sertifikasi kuliner halal sehingga memudahkan Dinas pemerintah dalam hal ini dines pariwisata melakukan promosi wisata," lanjut Rospita Napa, 

Rospita menambahkan jika sampai saat ini, pihak Dinas Pariwisata tidak pernah menerima menerima program menganjurkan instruksi dari Kementrian Pariwisata dan provinsi dalam hal ini Gubernur atau Wakil Gubernur atau Bupati, soal penyetujuan wisata halal di Toraja.

"Bagaimana kami bisa menjalankan intruksi itu kalau kami tidak perna mendapatkan perintah. Jadi saya rasa, apa yang sekarang menjadi pembahasan hangat masyarakat itu adalah berita Hoax (Berita Bohong), Karena saya tidak perna menyapaikan seperti itu," jelas Rospita Napa Di ruang Komisi 1 DPRD Tana Toraja saat menghadiri panggilan.

Dalam pertemuan pemanggilan Kadis Pariwisata Tator secara langsung dibuka oleh Ketua Komisi 1 DPRD Tana toraja, Selmi Sattu yang juga di hadiri oleh wakil ketua komisi Andarias Tadan, Stefanus Maluang, Jospine M. Palamba, Adolpina M. Pangkonglu, dan Amir Loga.

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Fritz Wongkar