IPPEMSI Makassar Tolak Bupati Toraja Rangkap Jabatan

IPPEMSI Makassar Tolak Bupati Toraja Rangkap Jabatan
IPPEMSI Makassar (ist).

KabarMakassar.com --  Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simbuang-Mappak atau IPPEMSI Makassar menolak dengan keras jabatan kepala dinas (kadis) Kesehatan Tana Toraja dijabat oleh seorang Bupati Tana Toraja yakni Nicodemus Biringkanae.

Ketua IPPEMSI Makassar, Agustinus Risal mengatakan jika rakngkap jabatan yang dilakukan oleh Bupati Tana Toraja dinilai sebagai sebuah tindakan yang salah, mengingat jabatan seorang Bupati adalah jabatan politik, sementara jabatan Kadis adalah jabatan struktural ASN. 

"Sangat disayangkan ketika seorang Bupati mengangkat dirinya sendiri menjadi pelaksana tugas (Plt). Seolah sudah tidak ada SDM di Tana Toraja. Ketika alasan Bupati bahwa menjadi plt karena belum ada yang berkompeten di bidang itu, pertanyaan selanjutnya betulkah seorang bapak Nicodemus Biringkanae berkapabel soal dinas kesehatan?," ungkap Risal sapaan akrab Ketua IPPEMSI Makassar, Kamis (14/3).

Lanjut pemuda asal Mappak Tana Toraja ini mengatakan, birokrasi merupakan mata rantai tak terpisahkan dalam hubungan pemerintah dengan rakyat dalam hal mencapai tujuan pelayanan publik yang maksimal. Oleh karena itu carut marut Pemerintahan Tana Toraja harus segera diakhiri. 

"Selain Dinas Kesehatan, banyak dinas-dinas yang sampai saat ini masih di jabat oleh pelaksana tugas, diantaranya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang jabat oleh istri Bupati Tana Toraja, dan juga Dinas Pekerjaan Umum yang sampai saat ini masih dijabat oleh plt," tambah Risal.

Oleh karena itu, IPPEMSI Makassar mendesak agar Bupati Tana Toraja segera mencabut Surat Perintah (SP) terkait Pelaksana tugas (Plt) Dinas kesehatan Tana Toraja dan segera mengangkat yang lebih berkompeten dan tidak menyalahi aturan. Kemudian segera mendefenitifkan Kepala dinas yang sampai saat ini dijabat oleh pelaksana tugas.

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Fritz Wongkar