Bupati Tator Jabat Kepala Dinas, Komisi 1 Panggil Pejabat Pemkab

Bupati Tator Jabat Kepala Dinas, Komisi 1 Panggil Pejabat Pemkab
Anggota Komisi 1 DPRD Tana Toraja, Yosephin Maria Palamba.

KabarMakassar.com -- Sejak dikeluarkanya surat perintah Bupati Tana Toraja yang mengangkat Nicodemus Biringkanae sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tana Toraja pun bereaksi dan meminta penjelasan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tana Toraja perihal surat pengangkatan Bupati rangkap jabatan sebagai Kepala Dinas.

Anggota Komisi 1 DPRD Tana Toraja, Yosephin Maria Palamba mengatakan jika beberapa jajaran pejabat lingkup Pemkab Tana Toraja bakal dipanggil terkait pengangkatan Nicodemus yang tak lain Bupati Tana Toraja menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan.

Yosephin Maria Palamba politisi partai Golkar ini meminta Sekda Tator, Kepala BKD, Kabag Hukum serta Inspektorat lingkup Pemkab Tana Toraja memenuhi panggilan anggota dewan pada hari Jumat 15 Maret 2019 terkait pengangkatan Bupati sebagai Kepala dinas.

"Kami ini geram, dengan Surata Keputusan (SK) yang ditertibkan Bupati Tana Toraja yang tiba-tiba mengankat dirinya sendiri sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Tator. Itu pun tidak ada surat yang di terima tembusan, yang di tembuskan ke DPRD Tana Toraja,

" tegas Yosephin Maria Palamba, Rabu (13/3) kepada KabarMakassar.com

Yosephin mengatakan jika pemanggilan tersebut untuk melakukan klarifikasi terkait dengan apa alasan Bupati mengangkat dirinya sebagai  Plt Kadinkes Tana Toraja, "Apa  dasarnya, sehingga Bupati bisa mengangkat dirinyasebagai Kadis, kan ini jadinya lucu," kata Yosephin.

Untuk diketahui sebelumnya jika Nicodemus Biringkanae secara mendadak mengeluarkan Surat Perintah Bupati Tana Toraja Nomor: 820 -40/BKPSDM/III/2019 yang memerintahkan dirinya yang merupakan Bupati Tana Toraja untuk menjabat Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja. Surat itu bertanggal 1 Maret 2019.

Penulis : Saleh Sibali

Editor : Fritz Wongkar