Jangan Biarkan Glaukoma Mencuri Penglihatan Anda

Oleh: Pasca Sarjono

Jangan Biarkan Glaukoma Mencuri Penglihatan Anda
Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar kerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata dan Fakultas Kedokteran Unhas gelar Penyuluhan dan Skrining Glaukoma peringati World Glaucoma Week 2019, Selasa, (12/3).

KabarMakassar.com -- Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Skrining Glaukoma dalam rangka memperingati World Glaucoma Week 2019, Selasa, (12/3).

Kegiatan ini memberikan pelayanan Skrining Glaukoma secara gratis kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar peduli dengan kesehatan mata dan mencegah kebutaan. 

"Kita perlu memperkenalkan glaukoma kepada masyarakat. Glaukoma adalah penyebab kebutaan kedua setelah katarak. Oleh karena itu perlu pencegahan dan deteksi dini, ujar ketua Panitia dr. Andi Tenri Sanna Devi Indira, Sp.M (K), MARS.

Menurutnya penanganan glaukoma yang terlambat akan menyebabkan kebutaan. Glaukoma tidak sama dengan katarak yang penanganannya sekali operasi bisa sembuh. Secara umum glaukoma disebabkan oleh meningkatnya tekanan bola mata. 

"Untuk mencegah kebutaan akibat glaukoma, sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali," tambahnya.

Direktur Utama RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar, dr. I Gusti Lanang Suartana Putra, MM, MARS menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini yang berdampak secara langsung kepada masyarakat. Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan sekaligus memperkenalkan wajah baru RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar kepada masyarakat dengan salah satu layanan unggulan yaitu Layanan Mata. 

Hingga kini kegiatan masih berlanjut dengan penyuluhan dan skrining yang diperuntukkan khusus bagi penderita kutsa di Pusat Rehabilitasi Kusta Terpadu RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. 

Penulis : Citizen Report

Editor : Fritz Wongkar