Pertanian dan Maritim Bulukumba Dinilai Mampu Penuhi Kebutuhan Pangan Sulsel

Pertanian dan Maritim Bulukumba Dinilai Mampu Penuhi Kebutuhan Pangan Sulsel
Foto: Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Ramli Umar dan Tokoh Masyarakaat Bulukumba H Askar HL , Sabtu, (9/3)

KabarMakassar.com -- Bulukumba, - Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Ramli Umar mendorong Kabupaten Bulukumba terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melibatkan seluruh sektor yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan.

Prof Ramli yang juga merupakan putra Bumi Panrita Lopi ini menilai jika sektor pertanian dan sektor maritim di Kabupaten Bulukumba dapat menjadi penyangga untuk menstabilkan kebutuhan pangan Provinsi Sulawesi selatan. "Menghadapi Era Modernisasi saat ini, Bulukumba bisa jadi daerah kawasan dengan pertanian dan kemaritiman yang baik untuk terus ditingkatkan. Perlu adanya peningkatan SDM yang baik untuk melakukan ini," ungkapnya, Sabtu, (9/3).

Selain itu, Prof Ramli mendorong jika Kabupaten Bulukumba masuk dalam bagian segitiga emas dikawasan selatan-selatan Sulsel. Dimana Bulukumba salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang serba mencukupi. "Bulukumba salah satu daerah yang memiliki perbedaan dengan daerah lain. Disana ada kawasan pegunungan, laut, dan dataran rendah yang sumber alam melimpah. Ini harus dilihat oleh pemerintah, " ujarnya. 

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Bulukumba H Askar HL mengaminkan harapan Prof Ramli yang mendorong Kabupaten Bulukumba sebagai bagian dari segitiga emas yang memiliki potensi alam yang memadai untuk dapat terus dikembangkan. "Semua pihak pasti berpendapat sama. Bulukumba ini memang unik karena sumber daya alamnya yang saling melengkapi, baik pertanian maupun maritim," terangnya.

Dirinya berharap, program peningkatan SDM bisa terus didorong pemerintah agar pemanfaatan sumber daya alam di Kabupaten Bulukumba dapat menjadi penyangga kebutuhan pangan Sulsel maupun Indonesia. "Sumber daya alam kita punya sudah mendukung, sisa SDM yang memang butuh ada peningkatan. Saya rasa ini perlu ada perhatian dari pemerintah dan semua pihak," tambahnya.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Redaksi