Telusuri Faktor Cerai dan Putusan Talak Pernikahan Ditakalar

Telusuri Faktor Cerai dan Putusan Talak Pernikahan Ditakalar
Kantor PTSP Pengadilan Agama Takalar (Gambar : Saleh Sibali )

Kabarmakassar.com-- Masyarakat luas diharuskan untuk saling berpasang pasangan dalam dunia roda kehidupan, namun beberapa faktor kadang kala adanya perceraian, ikatan putus dalam rumah  tangga tanpa mengetahui faktor cerai, justru mari kita mengetahui adanya 2 tahap berlaku. 

Ketua panitera pengadilan agama takalar, Rais Naim. Ungkap cara struktur kasus perceraian.

1. Cerai gugat, berhak wanita mengajukan ke pengadilan agama namun justru bukan untuk lelaki pengajuan serupa tersebut.

2. Cerai talak, berhak lelaki mengajukan ke pengadilan agama.

Akan tetapi dalam faktor cerai talak ada 3 faktor yang mesti di ingat.

1. Talak pertama yakni antara suami istri pertama kali melakukan perceraian sehingga bisa rujuk kembali jika kedua belah pihak sepakat membina hubungan tangga ke 2 kalinya.

2. Talak ke 2 yakni sama diantara pertama suami istri diberikan kebijakan antara suami istri pisah ranjang, dan masih berhak rujuk jika disepakati.

3. Talak ketiga, ini yang tak bisa di rujuk kembali, tak serupa talak ke 1 dan 2 seketika rujuk kembali akan tetapi diharuskan suami harus nikah lebih dahulu dengan wanita lain dan istri pun harus nikah dengan pria lain maka bisa disahkan jika mana keduanya rujuk bersama.

Masyarakat luas harus mengetahui tingkatan peraturan pengadilan agama, banyaknya perceraian pula di duga permasalahan faktor kekerasan dan ekonomi dalam hidup berumah tangga.

Penulis : Saleh Sibali

Editor : Redaksi