Ucapan Selamat dari Jokowi dan Prabowo untuk Umat Hindu

Ucapan Selamat dari Jokowi dan Prabowo untuk Umat Hindu
Jokowi dan Prabowo (int)

KabarMakassar.com-- Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup.

Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Hari ini, tepatnya pada hari kamis (7/3) pukul 06.00 Wita, umat Hindu memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941.

Dalam kemeriahan perayaan tersebut. Kedua capres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto sama-sama memberikan ucapan.

Dikutip dari detik.com, lewat akun  Instagram @Jokowi, pria yang juga menjabat sebagai presiden ini memberikan pesan untuk melepaskan diri dari sifat amarah, dengki, dan iri.

"Kepada saudara-saudaraku umat Hindu yang hari ini menjauh dari keramaian dan belantara hawa nafsu, melepaskan diri dari perasaan amarah, dengki, dan iri, bersunyi untuk menemukan jati diri," ungkap Jokowi.

Sedangkan Prabowo memposting ucapan melalui Instastory miliknya. Ia berpesan agar sama-sama menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. Mari bersama-sama kita jaga kerukunan antarumat beragama," tulis Prabowo.

Untuk di Bali, perayaan Nyepi dimulai pada Kamis (7/3) pukul 06.00 Wita hingga Jumat (8/3) pukul 06.00 Wita.

Selama perayaan tersebut, seluruh umat Hindu di Bali melaksanakan catur-brata penyepian, yaitu amati geni (tidak menyalakan lampu atau api), amati karya (tidak beraktivitas), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendapatkan hiburan).

Seluruh toko maupun warung tutup, dan para turis maupun warga dilarang bepergian maupun berkeliaran di jalan. 

Penulis : Nor Syakila

Editor : Redaksi