Sidrap Kuliner Seribu Itik, Nasu Palekko jadi Khas Bugis

Sidrap Kuliner Seribu Itik, Nasu Palekko jadi Khas Bugis
Nasu Palekko (int)

KabarMakassar.com -- Masakan khas bugis di Sulawesi Selatan seakan tak pernah ada habisnya jika melirik beberapa jenis masakan yang menjadi khas. Selain Sop Saudara, Coto dan beberapa masakan bugis lainnya, ada satu yang menarik dan menjadi favorite saat wisatawan singgah di Barru, Sidrap, dan Pinrang.

Olahan masakan yang cukup memiliki rempah yang banyak menjadi cita rasa masakan semakin digamari. Adalah masakan khas Nasu Palekko, dimana kuliner pedas yang memiliki bahan dasar itik atau bebek, menjadi pilihan KabarMakassar.com untuk diulas.

Nasu Palekko digemari karena sensasi rasa pedasnya yang menggigit. 

Nasu Palekko berasal dari bahasa bugis, yaitu Nasu berarti masak, sedang Palekko berarti periuk atau kuali tanah.

Saat kabarmakassar.com mampir di salahsatu rumah makan di Kabupaten Sidrap, lesehan Labugis Sidrap ternyata memiliki resep tersendiri untuk pelanggannya yang ingin mencoba kuliner khas Nasu Palekko.

Tidak hanya dikenal sebagai daerah lumbung beras. Satu julukan lagi yang pantas bagi Sidrap adalah Kuliner Seribu itik.

Memang di beberapa daerah di Sulawesi Selatan, menu khas palekko ini sudah dapat dijumpai, akan tetapi soal rasa berbeda dengan beberapa daerah lainnya yang mengolah masakan khas tersebut.

Pengelola RM lesehan Labugis, Sudirman mengatakan bahwa makanan lesehan yang dibalut khas tradisional ini beroperasi sejak awal tahun 2015 silam, oleh seorang anggota DPRD Sidrap, Zainuddin dimana jenis usaha kuliner khasnya ini terletak di poros jalan Jenderal Sudirman Pangkajene, tak jauh dari jalan poros Trans Sulawesi. 

Rumah makan ini merupakan salahsatu tempat kuliner di Sidenreng Rappang (Sidrap). Letaknya sangat strategis. Uniknya tempat ini pengunjung bersantap di tengah empang ikan lele. 

Berikut resep masakan khas Nasu Palekko,

1 kg Bebek (itik) (potong dadu/kecil kecil)
1/4 kg cabe rawit (trgantung selera pedasnya)
500 ml air asam jawa (rendang ayam smpai 10 mnt)
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 btg sereh
1 btg sereh (geprek)
3 cm lengkuas (geprek)
5 cm jahe
1 sdt merica bubuk
4 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 sdt kunyit
minyak untk menumis
garam
gula.

Cara masak Nasu Palekko,

- Haluskan bahan, cabe, serei, bawang merah, putih, jahe sampai halus
- Setelah itu tumis bahan yang telah di haluskan, lalu beri serei yang telah di geprek, lengkuas, daun salam, daun jeruk, tunggu sampai harum.
- Setelah harum, tuang ayam bersama air asam jawa di tumisan, aduk rata, lalu beri kunyit, garam, gula dan tes rasa. Tggu smpai kuax meresap di ayam, dan mulai mengental. 
- Angkat dan tiriskan.

Penulis : Sukardi

Editor : Fritz Wongkar