Pertumbuhan Parwisata Singapura, Didorong Wisatawan Indonesia

Pertumbuhan Parwisata Singapura, Didorong Wisatawan Indonesia
Tourism Board Media Gathering digelar di Grind & Pull Restaurant Jl. Andi Mappanyukki Kota Makassar, Selasa (5/3).

KabarMakassar.com -- Singapura negara yang kini jumlah wisatawan dan belanja turis asingnya meningkat. Dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah warga Indonesia yang berkunjung atau berwisata di Singapura. Hal tersebut disampaikan lembaga pengembangan pariwisata Singapore Tourism Board (STB), Selasa (5/3) malam.

Singapore Tourism Board bersama dengan mitra industri dan komunitas membentuk landscape pariwisata Singapura.

 Industri pariwisata Singapura kembali mengalami pencapaian yang luar biasa pada 2018 dengan terciptanya rekor baru dalam jumlah devisa pariwisata (tourism receipt) maupun kunjungan wisatawan (visitor arrivals) selama 3 tahun berturut-turut.

Kinerja positif terjadi pada sektor utama industri pariwisata yaitu (Business Travel and Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions) BTMICE, perhotelan dan kapal pesiar.

Devisa pariwisata Singapura tumbuh 1,0 persen menjadi $27,1 milliar terutama berkat pertumbuhan kunjungan wisatawan dari hampir seluruh 15 negara utama penyumbang wisatawan ke Singapura dan juga belanja yang lebih tinggi oleh wisatawan dari lima pasar utama penyumbang devisa pariwisata. 

Rekor pertumbuhan jumlah wisatwan dari 8 negara mendorong kenaikan jumlah kunjungan wisatawan sebesar 6,2 persen menjadi 18,5 juta.


"Kami sangat senang sektor pariwisata Singapura berkinerja baik, meskipun ada sejumlah ketidakpastian ekonomi. Kami beruntung berkat dampak positif dari sejumlah faktor seperti masi kuatnya pasar perjalanan asia pasifik, meningkatnya konektifitas penerbangan ke Singapura dan digelarnya berbagai ajang penting," ujar Chief Ececutive STB, Keith Than. 

Ia menambahkan jika upaya pemasaran dan kolaborasi dengan mitra industri tersebut akhirnya membuahkan hasil. 

Indonesia menjadi pasar terbesar kedua penyumbang devisa pariwisata ke Singapura setelah China. Maka darinya kemitraan strategis antara STB dan afiliasinya di Indonesia merupakan hal yang krusial untuk menjamin kesuksesan kampanye pariwisata global Passion Made Possible (PMP) Singapura.

Adapun tantangan di depannya adalah volatilitas politik dan ekonomi global, persaingan pariwisata yang lebih ketat di khawasan. Meski demikian STB tetap optimis dan mengharapkan pertumbuhan sektor pariwisata terutama dari negara-negara yang selama ini menjadi asal utama wisatawan ke Singapura.

Penulis : Mirwanto

Editor : Fritz Wongkar