6 Manfaat Istirahat untuk Tubuh Anda

6 Manfaat Istirahat untuk Tubuh Anda
Istirahat (int).

KabarMakassar.com -- Istirahat adalah dimana kita berhenti melakukan suatu kegiatan untuk merilekskan keadaan fisik maupun batin. Istirahat sangat penting bagi kesehatan, terkadang ketika sibuk sampai kita lupa untuk mengistirahatkan tubuh padahal tubuh juga membutuhkan istirahat walaupun cuma sebentar.

Di kutip dari mother&baby, Crystal Reeves Certified Master trainer dan pemilik pusat kebugaran MadSweat berkata, istirahat sama pentingnya dengan olahraga.

Ada beberapa manfaat istirahat yang harus Anda tahu. Berikut di antaranya:

1. Membuat anda berumur Panjang
Karena banyaknya aktivitas membuat kita sibuk sehingga membuat kita stress serta menimbulkan tekanan fisik maupun batin,  jadi untuk mengurangi tekanan tersebut maka istirahatlah sebentar untuk merilekskan tubuh anda dari kesibukan hal ini juga bisa membuat anda tenang dan membuat anda berumur panjang.

2. Menghilangkan jenuh
Melakukan kegiatan seharian dengan pola yang itu-itu saja, dapat membuat Anda dan keluarga merasa jenuh. Sebagai ibu, Anda harus mengatur dan menyiapkan keperluan anak dan suami, belum lagi jika Anda ibu bekerja, banyak urusan yang harus dilakukan di kantor.

Sebagai ayah, Anda harus bekerja, menghadapi kemacetan, atau mengatasi konflik dengan rekan kerja. Si Kecil pun memiliki segudang aktivitas yang harus ia kerjakan. Hal-hal yang berulang seperti ini terkadang membuat kita merasa jenuh dan bosan. Istirahat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan yang melanda.

3. Mengendurkan otot
Reeves berkata bahwa setelah beraktivitas seharian, otot-otot tubuh secara otomatis menegang. Pada kondisi inilah, tubuh rentan terkena penyakit. Nah, istirahat yang cukup dapat membantu mengembalikan otot-otot yang tegang tersebut. Saat istirahat, otot akan relaks dan mengendur.

4. Proses regenerasi tubuh
Beristirahat ternyata membantu proses regenerasi tubuh. Penelitian dari University of Washington, AS, menyebutkan, istirahat dalam bentuk minum, makan, dan tidur yang cukup, membantu tubuh untuk melakukan peremajaan dan pemulihan.
Saat tidur, tubuh akan memproduksi ulang hormon-hormon yang Anda perlukan. Jika Anda kurang tidur, pertumbuhan hormon akan terhambat dan berdampak negatif bagi tubuh.

5.Memperbaiki mood
Selain menghilangkan jenuh, istirahat dapat memperbaiki mood yang hilang. Di sekolah misalnya, Si Kecil memiliki jam istirahat. Hal ini diperlukan untuk melepaskan ketegangan selama ia belajar.
Istirahat akan mengembalikan gairah dan menghilangkan kantuk yang menyergap. Jika kurang istirahat, kita tidak bersemangat dan hilang mood untuk melanjutkan aktivitas.

6.Meningkatkan produktivitas
Setelah istirahat, tubuh dan mood akan dipulihkan. Dengan pemulihan tersebut. Kita akan kembali bersemangat untuk bekerja atau melanjutkan aktivitas. Produkstivitas Anda dan keluarga pun otomatis meningkat, karena sudah tidak jenuh atau lelah lagi. 
 

Penulis : Nor Syakila

Editor : Fritz Wongkar