Ini Gelar Karaeng Untuk Danny Pomanto di Takalar

Ini Gelar Karaeng Untuk Danny Pomanto di Takalar
Danny Pomanto Diberi gelar Karaeng Salamaka, Kamis (28/2).

KabarMakassar.com -- Keluarga Besar Pahlawan Nasional Pajonga Daeng Ngalle (Karaeng Polongbangkeng) dan Ranggong Daeng Romo, di Kabupaten Takalar memberikan gelar karaeng kepada Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat berkunjung di Takalar, Kamis (28/2).

Danny Pomanto diberi gelar "Karaeng Salamaka". Dimana pemberian gelar tersebut juga dihadiri ahli waris Pajonga Daeng Ngalle, Andi Makmur Sadda dan beberapa keluarga besarnya.

Pemberian gelar untuk Wali Kota Makassar ini, karena Danny dianggap orang yang berjuang untuk Kotanya di Makassar dan tak menyerah dalam tekanan, apalagi saat berada dalam Pilwalkot Makassar beberapa waktu yang lalu, sehingga keluarga besar pahlawan Pajonga Daeng Ngalle mengangkat Danny sebagai Karaeng Salamaka.

"Karaeng Salamaka untuk Danny Pomanto karena dia berjuang saat Pilkada lalu, meski ditekan dan dikerjai terus menerus tapi tidak pantang mundur, dan kotak kosong bisa menang, ini luar biasa," kata ahli waris Pajonga Daeng Ngalle, Andi Makmur Sadda, Kamis (28/2).

Mendapat gelar karaeng, Danny Pomanto mengaku senang dengan "Karaeng Salamaka" pada dirinya. Ia mengaku pemberian gelar ini merupakan doa, dan bersyukur dan mengungkapkan terima kasihnya kepada keluarga besar di Takalar.

"Ini merupakan doa, dan sebuah kehormatan bagi saya, dan saya menghanturkan terima kasih banyak kepada keluarga pejuang Pajonga Daeng Ngalle, dan warga Takalar," ucap Danny.  

Selain warga Takalar dan keluarga besar pahlawan Pajonga Daeng Ngalle. Danny juga disambut antusias oleh ratusan legiun veteran Takalar. Di acara pemberian gelar kehormatan Danny Pomanto disambut dengan adat angngaru, serta menyempatkan berziarah ke kuburan Padjonga Daeng Ngalle.

Penulis : Saleh Sibali

Editor : Fritz Wongkar