5 Tips Travel Sendirian untuk Perempuan 

Waktunya Liburan

5 Tips Travel Sendirian untuk Perempuan 

KabarMakassar.com-- Menikmati hari libur dengan berwisata mengunjungi tempat asing atau negara yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, akan sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman yang tidak dapat terlupakan. 

Namun sebelum melakukan perjalanan sendirian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk keselamatan dan keamanan Anda ketika telah berada di tempat asing. 

Apalagi jika Anda seorang perempuan. Selain perlunya mengetahui bela diri. Dilansir dari lifehack.org, beberapa hal berikut akan menjadi saran terbaik untuk persiapan petualangan panjang Anda, antara lain. 

1. Lakukan survei terlebih dahulu Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat di luar negara Anda, Anda harus mencari tahu semua informasi terkait tentang tempat serta meminta wisatawan lain untuk informasi tentang budaya, agama, situasi saat ini di negara itu dan sebagainya. 

Ini agar Anda dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan tempat wisata yang dikunjungi sekaligus memberikan rasa aman saat berada di negara orang. 

2. Abaikan siulan di beberapa negara, bersiul dianggap sebagai hal yang normal. Namun di beberapa tempat, jika Anda bereaksi terhadap bersiul dari penggoda malam, Anda mungkin masuk ke situasi negatif seperti perkelahian atau pelecehan seksual.

Oleh karena itu, cara terbaik bagi Anda untuk menangani kasus seperti itu adalah untuk tetap mengendalikan emosi Anda dan dengan cepat keluar dari daerah itu ke tempat yang lebih ramai. Selain itu, Anda tidak perlu masuk ke wilayah kumuh kecuali Anda tahu orang-orang lokal yang sangat baik. 

Risiko dan pelecehan terjadi dimana saja Jika Anda berpikir bahwa wisatawan diperkosa hanya terjadi di Timur Tengah, Asia, dan India, itu adalah sebuah konsepsi yang salah. Sebuah survei singkat di internet menunjukkan bahwa situasi yang sama terjadi bahkan di negara-negara maju seperti Korea Selatan, Australia, Spanyol, Inggris, dan Selandia Baru. Kita tidak bisa memprediksi kapan keadaan terburuk akan muncul, tetapi Anda harus memperhatikan apa yang terjadi dan percaya firasat Anda sendiri untuk memastikan keselamatan Anda. 

3. Jangan Pergi ke tempat lain dengan Orang Asing Kebanyakan pelaku pelecehan seksual akan mengambil korban mereka ke tempat lain di mana mereka merasa aman untuk melakukan tindakan mereka. Oleh karena itu, ketika seseorang yang asing menawarkan untuk membawa Anda ke suatu tempat saja, Anda harus menolak tegas dan tetap di tempat umum atau pergi ditemani oleh orang lain yang Anda kenal jelas. 

4. Pilih hotel yang aman Homestay populer dengan turis, terutama orang-orang yang bepergian sendiri dengan anggaran sedikit. Bahkan, "hostel" Jenis ini cukup favorit dengan wisatawan, tetapi memiliki banyak masalah yang harus Anda waspadai. 

Homestay berarti bahwa Anda akan tinggal dengan orang-orang lokal dan wisatawan lain yang Anda tidak tahu. Selain itu, ketika memutuskan tinggal dengan orang-orang lokal atau di sebuah hostel, Anda harus mencari informasi lebih lanjut tentang tempat untuk memastikan keselamatan Anda sendiri. 

5. Pergi ke Kedutaan jika situasi buruk terjadi Jika sesuatu yang buruk terjadi, Anda harus tetap tenang dan pergi ke kedutaan negara Anda sebelum Anda pergi ke polisi setempat. Di beberapa negara, polisi setempat mungkin tidak ramah dan aturan mungkin tidak menguntungkan Anda. Oleh karena itu, Anda harus pergi langsung ke kedutaan untuk mendapatkan saran dan perlindungan untuk Anda pulang dengan selamat. 

Penulis :

Editor :